4 Manfaat Teknologi Komputasi Awan Untuk eCommerce

logo huawei

Dari perspektif eCommerce, beberapa faktor berkontribusi terhadap meroketnya pertumbuhan adopsi cloud. Ada perubahan drastis dalam perilaku konsumen, yang mencakup perubahan permintaan konsumen, kebutuhan yang lebih besar, dan penerimaan yang luas dari solusi teknologi. Tapi bagaimana komputasi awan cocok dengan eCommerce?

Menurut itproportal.com, di masa sekarang, toko eCommerce sudah menggunakan cloud untuk menampung data di berbagai perangkat. Setiap perangkat menggunakan server yang berbeda, yang mungkin berlokasi di tempat yang berbeda. Namun, rangkaian perangkat ini terhubung dan berfungsi sebagai unit tunggal, yang juga dikenal sebagai cloud.

Dengan jenis teknologi komputasi awan yang tepat, Anda dapat meningkatkan penawaran eCommerce Anda dengan fitur tambahan seperti adanya dukungan basis data, keamanan yang tidak dapat ditembus, pemrosesan pembayaran yang lancar, dan sebagainya.

Di artikel hari ini, kita akan mengetahui lebih dalam untuk memahami keuntungan utama menggunakan teknologi cloud untuk toko eCommerce. Berikut adalah 4 benefit menggunakan komputasi awan untuk eCommerce:

  1. Skalabilitas yang lebih besar
    Sebagian besar konsumen memilih untuk memanfaatkan cloud digital untuk berbelanja. Jika mereka tidak menemukan cara untuk membuka toko online, mereka berisiko kehilangan pelanggan karena persaingan yang ketat. Di sinilah komputasi awan scalable berguna. Dengan cloud hosting, Anda dapat membangun kehadiran eCommerce Anda secepat bisnis tumbuh.
  2. Peningkatan kecepatan
    Kecepatan situs berperan penting bagi kesuksesan eCommerce. Sesuai data oleh Google, peningkatan kecepatan situs hanya satu detik dapat meningkatkan konversi seluler hingga 27 persen. Percaya atau tidak, tetapi lebih dari satu dekade yang lalu, Amazon menemukan bahwa perlambatan pemuatan halaman hanya dalam satu detik berpotensi menghabiskan $1,6 miliar dollar dalam penjualannya. Jadi, jika bisnis Anda tidak berfokus pada peningkatan, dan kestabilan kecepatan, Anda pasti akan mengalami kerugian dalam jumlah besar.
  3. Mengurangi biaya
    Salah satu keuntungan terbesar menggunakan teknologi cloud adalah penghematan biaya, terutama untuk bisnis eCommerce kecil yang memiliki anggaran yang sedikit. Secara umum, mitra cloud akan menawarkan toko eCommerce dengan model bayar sesuai penggunaan sehingga yang terakhir hanya membayar apa yang mereka butuhkan. Seperti yang dapat Anda bayangkan, ini mengurangi pemborosan biaya.
  4. Keamanan yang ditingkatkan
    Tidak diragukan lagi bahwa eCommerce menyimpan banyak sekali informasi sensitif pelanggan seperti detail pembayaran, informasi pribadi, dan lainnya. Jika toko eCommerce Anda tidak aman dan tidak menawarkan privasi yang kokoh, pelanggan Anda akan pergi ke tempat lain.(ra/hh)
%d bloggers like this: