40 Tahun Laptop, Bagaimana Mobile PC Ubah Dunia

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Kebanyakan pengguna PC saat ini memilih laptop yang ringan dan portabel, bukan PC desktop besar berbentuk kotak persegi panjang yang hanya di letakkan di meja saja. PC Desktop juga sudah mulai menurun popularitasnya dan penjualan laptop sekarang jauh melampaui PC Desktop.

Berkat adanya aliran inovasi yang hampir konstan, laptop yang tadinya sederhana menjadi lebih ramping dan lebih ringan dari sebelumnya, sementara perangkat keras di dalamnya menjadi semakin kuat dan baterai pun tahan lebih lama.

Membuat komputer yang kuat dan portabel bukanlah prestasi yang tidak berarti. Di sini kita akan melihat kembali beberapa momen penting dalam sejarah perkembangan laptop, dan memeriksa bagaimana mesin yang digunakan memengaruhi laptop saat ini.

1981: Osborne 1, the world’s first truly mobile computer

Banyak orang menganggap Osborne 1 merupakan nenek moyangnya laptop. Dirilis oleh Osborne Computer pada tahun 1981, Osborne 1 hanya memiliki ukuran layar lima inci, dua floppy drive, modem, baterai dan keyboard yang dibangun di dalam penutupnya.

1983: Grid Compass 1101, the first clamshell laptop

Laptop portabel pertama yang benar-benar terlihat seperti laptop adalah Grid Compass 1101, yang dirilis pada tahun 1983. Ini menampilkan desain clamshell, dengan layar dapat dilipat ketika ditutup. Dengan adanya inovasi luar biasa tersebut berarti Grid Compass 1101 lebih mudah dibawa kemana-mana, sementara layar dan keyboard tetap terlindungi.

1989: Compaq LTE and Compaq LTE 286, the first notebook PCs

Sampai tahap ini, laptop terkadang masih disebut dengan ‘koper’, karena faktanya walaupun laptop lebih portabel daripada PC Desktop, tetapi ukurannya masih bisa di bilang besar dan tidak begitu mudah dibawa.

Namun akhirnya pada tahun 1989, Compaq LTE dan LTE 286 dirilis, dan mereka umumnya dianggap sebagai PC notebook pertama, karena ukurannya sebesar buku tulis kertas. Laptop yang lebih kecil ini lebih mudah dibawa kemana-mana, sehingga membuatnya lebih popular bagi orang yang sering bepergian.

1989: Macintosh Portable, the first Apple laptop

Pada tahun yang sama Apple juga meluncurkan laptop pertamanya, walaupun ukurannya tidak bisa di bilang kecil atau mudah dibawa, tetapi ia menawarkan daya tahan baterai yang sangat baik dan layar yang lebih baik sesuatu yang membuat MacBook modern terkenal.

1991: Apple PowerBook 100 series: a revolutionary early laptop

Kemudian pada tahun 1991, Apple meluncurkan serangkaian laptop PowerBook, PowerBook 100, PowerBook 140 dan PowerBook 170. Dimana laptop – laptop ini jauh lebih sukses daripada upaya sebelumnya dan mereka mengantar sejumlah fitur revolusioner yang telah menjadi tren bagi desain laptop modern.

Salah satu contoh yaitu posisi keyboard yang diposisikan di bagian bawah laptop, sehingga menyediakan ruang di depan untuk sandaran tangan dan trackball. Hingga saat kebanyakan laptop memiliki posisi keyboard di bagian depan, dengan ruang di belakang untuk fungsi, referensi kartu kunci dan instruksi lainnya.

1992: IBM ThinkPad 700 – a powerful and iconic laptop

Pada tahun 1992 IBM meluncurkan tiga varian laptop ThinkPad pertamanya, 700, 700c dan 700t. Model laptop buatan IBM ini, hampir sama desainnya dengan seri Apple PowerBook 100, jadi dapat dianggap sebagai salah satu laptop modern pertama yang membantu membentuk lanskap laptop untuk periode 25 tahun ke depan.

Desain ThinkPad yang bergaya dan fungsional, membuatnya memenangkan sejumlah penghargaan desain. IBM sangat ingin menyoroti seberapa baik mereka dalam mengembangkan ThinkPad dalam serangkaian acara promosi, misalnya saja laptop yang digunakan oleh arkeolog di Mesir. Bahkan ThinkPad 750c dibawa ke luar angkasa oleh NASA, untuk membuktikan kemampuan laptop modern tersebut.

Dengan hadirnya fitur-fitur inovatif dan pilihan desain yang digunakan untuk mengatasi masalah teknologi pada saat itu, maka laptop awal ini membuka jalan bagi mesin modern yang sekarang kita gunakan setiap hari, dan ini adalah pionir awal yang harus kita syukuri untuk membuat laptop menjadi salahg satu perangkat yang kita miliki di rumah, sekolah, dan tempat kerja kita.(hh)

Sumber