5 Cara Untuk Membuat Chromebook Anda Lebih Aman

logo huawei

Chromebook memiliki perlindungan berlapis untuk menjaga file dan informasi pribadi Anda tetap aman serta mencegah malware dan virus menginfeksinya. Mulai dari menjalankan situs web dan aplikasi individual di sandboxes yang berisi ancaman hingga mengenkripsi file penting secara otomatis di Chromebook, Anda selalu memiliki pertahanan bawaan tidak perlu aplikasi tambahan atau biaya berlangganan.

Menurut cnet.com, di Chromebook, Anda selalu dapat melakukan cara untuk tetap terjaga aman. Selain fitur keamanan bawaannya, ada beberapa fitur yang dapat Anda aktifkan untuk menambahkan perlindungan ekstra untuk Anda dan Chromebook Anda.

Jadi, baik itu Anda baru saja mendapatkan Chromebook baru atau menghabiskan waktu ekstra untuk menggunakannya di musim liburan ini, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menjaga Anda dan data Anda tetap aman.

  • Aktifkan akun Google Anda 2FA
    Anda harus mengaktifkan otentikasi dua faktor (2FA), yang merupakan langkah kedua untuk memverifikasi bahwa Anda lah yang masuk ke akun yang dituju. Buka bagian Keamanan di halaman akun Google Anda. Gulir ke bawah ke kotak Masuk ke Google dan klik Verifikasi 2 langkah. Di sana Anda akan dapat memilih metode yang berbeda untuk memverifikasi identitas Anda seperti mengirim pesan teks ke ponsel Anda, menggunakan aplikasi Google Authenticator atau membuat kode cadangan.
  • Tetap perbarui Chrome
    Buka Pengaturan dan di bagian bawah panel kiri cari Tentang Chrome OS. Di bawah judul Google Chrome OS klik tombol Periksa pembaruan. Jika pembaruan tersedia, itu akan mengunduh dan kemudian memberi Anda opsi untuk memulai ulang untuk menginstal saat itu juga atau Anda dapat melakukannya nanti. Tetapi sekali lagi, memasang dan memulai ulang adalah cara terbaik untuk memastikan Anda memiliki perbaikan keamanan terbaru untuk Chrome OS. Tetapi, Anda tidak perlu melakukan update secara manual jika chrome anda sudah auto-update
  • Menyalakan mode guest
    Mode guest harus diaktifkan secara default, tetapi untuk memastikannya, Anda dapat membuka Pengaturan dan di bagian Orang, klik Kelola orang lain dan periksa untuk melihat bahwa penjelajahan Tamu telah diaktifkan.Untuk meluncurkan mode guest, keluar dari akun Anda (cara tercepat adalah menekan Ctrl-Shift-Q dua kali) lalu klik Jelajahi sebagai Guest/Tamu di bagian bawah layar. Anda dapat mengambil langkah lebih jauh dan mengaktifkan Batasi masuk untuk pengguna berikut. Setelan ini, yang juga tercantum di bawah Kelola orang lain, hanya akan mengizinkan akun yang telah Anda beri izin untuk masuk ke Chromebook.
  • Beralih ke Mode Sleep locking
    Buka Pengaturan dan klik Kunci layar lalu masuk di bagian Orang. Selanjutnya, masukkan kata sandi Anda dan aktifkan Tampilkan layar kunci saat bangun dari tidur. Jika Anda memiliki sandi yang panjang dan rumit yang tidak perlu Anda masukkan setiap kali Anda mengaktifkan Chromebook, pilih PIN atau sandi, lalu klik tombol Siapkan PIN dan pilih PIN enam digit (atau lebih) yang Anda dapat menggunakan sebagai ganti sandi Anda untuk membuka kunci Chromebook.
  • Tambahkan HTTPS Everywhere untuk semua orang
    Dibuat oleh Electronic Frontier Foundation dan Tor Project, ekstensi Chrome ini akan menggunakan versi HTTPS situs jika tersedia. Banyak situs default ke HTTP tidak terenkripsi, dan HTTPS Everywhere akan meminta versi HTTPS. Jika menggunakan ekstensi merusak situs yang Anda coba akses, Anda dapat mengklik tombolnya untuk menonaktifkannya. Dan untuk yang sangat sadar akan keamanan, Anda dapat mencentang kotak untuk memblokir semua situs yang tidak terenkripsi.(ra/hh)
%d bloggers like this: