5 Hal Penting Dari Acara Pendidikan Apple

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Apple menyelenggarakan acara tahunannya disebuah sekolah menengah di Chicago. Kali ini Apple akan memfokuskan produk terbarunya pada dunia dan pasar pendidikan yang saat ini didominasi oleh Google dan Microsoft. Berikut lima hal penting yang dapat diambil dari kegiatan tersebut.

IPAD UNTUK PENDIDIKAN

Hal terpenting dari kegiatan tersebut adalah hadirnya iPad baru dengan harga “terjangkau” yang memiliki dukungan stylus. Terjangkau disini adalah karena adanya harga khusus untuk sekolah yaitu sebesar 299 dolar. Sementara untuk umum harga di 329 dolarharga yang sama seperti tablet iPad 9,7 inci yang diumumkan pada musim semi lalu. Perbedaanya adalah iPad ini dapat bekerja dengan Apple Pencil dengan harga 89 dolar untuk siswa / guru, untuk umum harga ada di kisaran 99 dolar. Sebelumnya dukungan Apple Pencil hanya ada di iPad Pro.

IPad khusus pendidikan ini sudah dilengkapi dengan Touch ID, kamera HD FaceTime, kamera belakang 8 megapiksel, dan dijalankan dengan chip A10 Fusion Apple. Untuk kemampuan baterai diklaim memiliki masa pemakaian 10 jam dan nanti akan tersedia versi LTE-nya.

LOGITECH CRAYON STYLUS

Walaupun iPad baru ini dapat digunakan dengan Apple Pencil yang dijual secara terpisah, Apple juga mengumumkan hadirnya stylus dari pihak ketiga yang lebih murah dan dapat digunakan pada iPad yang baru. Perangkat ini bernama Logitech Crayon dan harganya hanya 49 dolar. Logitech Crayon memiliki sabuk berwarna-warni, sehingga terlihat sedikit lebih menyenangkan ketimbang Pensil stylus yang asli.


PEMBAHARUAN IWORK

Sejumlah pembaruan untuk perangkat lunak pun hadir, salah satunya adalah hadirnya versi terbaru baru iWork yang telah menyertakan dukungan untuk Apple Pencil. Selain itu juga sudah menyertakan alat untuk Pembuatan Buku Digital, sehingga memungkinkan guru dan siswa membuat buku bersama – sama seperti menambahkan gambar, catatan tulisan tangan, dan ilustrasi yang digambar menggunakan tangan. Dapat dapat digunakan juga untuk membuat laporan laboratorium serta fitur yang akan membantu seorang anak untuk mendorong mereka mengekspresikan diri secara digital.

Khusus untuk para guru mereka dapat menandai langsung di dokumen atau pada halaman tertentu dengan menggunakan Apple Pencil. Hal ini sama dengan yang mereka lakukan ketika memberikan nilai pada sebuah kertas.

APLIKASI PENGELOLAAN RUANG KELAS

Melalui iPad terbaru tersebut, Apple memperkenalkan sebuah aplikasi baru bernama Schoolwork. Dengan menggunakan aplikasi ini para guru dapat mengelola kelas mereka secara digital, yang memungkinkan mereka untuk membagikan tugas digital kepada siswa, seperti pekerjaan rumah, kegiatan, dan menandai tanggal jatuh tempo pada berbagai tugas proyek sekolah.

Apple juga menyukai pemberian tugas email, ditambah dengan opsi untuk melampirkan PDF dan tautan ke setiap proyek baru. Dalam rangka mengakomodasi semua lampiran dokumen yang masuk, Apple akan memperbarui akun iCloud siswa dengan menyertakan kapasitas penyimpanan sebesar 200GB secara default.

Sementara untuk para guru, Apple juga terus mendorong program Apple Teacher-nya yang akan menunjukkan cara – cara yang berbeda dalam menggungkana menggunakan aplikasi Apple di ruang kelas dan memberi mereka penghargaan dengan lencana ketika para siswa telah menyelesaikan tugasnya.

SEMUA BISA MEMBUAT

Semua ini merupakan inisiatif baru dari Apple yang disebut “Everyone Can Create” (Semua Orang Dapat Menciptakan”, yang pada dasarnya menjadikan iPad baru sebagai alat yang dapat membuat siswa menjadi kreatif terutama untuk belajar dan mengekspresikan diri.

Untuk kurikulumnya difokuskan pada empat bidang yaitu musik, video, fotografi, dan menggambar. Dengan menggunakan fitur seperti Clip dan GarageBand, Apple mendukung para siswa agar dapat membuat sesuatu secara digital pada usia muda. Sehingga menghasilkan sesuatu yang menarik di YouTube, Snapchat, dan Instagram yang mengjadi sumber utama hiburan mereka. Siswa juga dapat menggunakan aplikasi AR untuk mengilustrasikan dan memvisualkan konsep matematika atau sains serta menggunakan aplikasi untuk membuat laporan audio.

Everyone Can Create akan segera tersedia untuk keperluan pratinjau mulai hari ini. Untuk peluncuran resminya sendiri akan dilakukan pada musim panas tahun ini. Sementara untuk Schoolwork dijadwalkan akan diluncurkan pada bulan Juni.(hh)

Sumber