Pasar smartphone global mengalami penurunan signifikan sebesar 7,8% dari tahun ke tahun pada kuartal kedua tahun 2023, menurut laporan International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker. Hal ini menjadi kontraksi kuartal kedelapan secara beruntun akibat berbagai faktor, termasuk permintaan yang lemah, inflasi, ketidakpastian ekonomi makro, dan kelebihan persediaan. Namun, meskipun mengalami penurunan, tingkat kontraksi menunjukkan perlambatan jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.
Nabila Popal, Direktur Riset Mobilitas dan Pelacak Perangkat Konsumen IDC, menyatakan bahwa ada kabar baik mengenai peningkatan tingkat inventaris dan obrolan pasar yang mengindikasikan pemulihan pada kuartal ketiga. Kelebihan inventaris di perangkat dan komponen diharapkan dapat diselesaikan. Sebagai pasar bangkit kembali, diperkirakan bahwa vendor akan mendapatkan kesempatan untuk meraih pertumbuhan pada akhir tahun dan memasuki tahun 2024.
Data juga menemukan bahwa pasar smartphone di China mengalami penurunan sebesar 2,1% pada kuartal kedua tahun 2023 setelah lima kuartal mengalami kontraksi dua digit yang signifikan. Meskipun ada peningkatan dari kuartal sebelumnya, sentimen dan pengeluaran konsumen tetap rendah. Bahkan festival belanja online 618 di bulan Juni, yang diharapkan dapat meningkatkan penjualan di China, mengalami penurunan penjualan smartphone sebesar 6,5% dari tahun sebelumnya.
Tidak hanya China, wilayah besar lainnya juga mengalami penurunan pengiriman smartphone, termasuk Asia/Pasifik (tidak termasuk Jepang dan China), Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika (EMEA). Anthony Scarsella, Research Director of Mobile Phones di IDC, optimis bahwa di paruh kedua tahun ini masih banyak peluang yang menanti. Pasar yang dapat dilipat tetap menarik bagi konsumen, dengan adopsi yang lebih luas dan harga yang lebih rendah dari kedatangan model baru dan vendor baru.
Dengan keahlian global dan regional, IDC memberikan analisis dan wawasan yang membantu para profesional teknologi dan eksekutif bisnis dalam membuat keputusan berdasarkan fakta dan mencapai tujuan bisnis utama mereka.
Meskipun pasar smartphone mengalami tantangan pada tahun 2023, proyeksi pertumbuhan pasar yang dapat dilipat menjanjikan adopsi yang lebih besar dan harga yang lebih terjangkau. Diharapkan bahwa pasar akan pulih di akhir tahun dan membawa peluang bagi para vendor untuk meraih keberhasilan di masa depan.(hh)