Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh berbagai pelaku usaha di bidang e-commerce di Indonesia dengan dukungan dari berbagai mitra kerja sama, seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logistik hingga media. Awalnya kegiatan tahunan ini diselenggarakan oleh 7 situs e-commerce yaitu Lazada, Zalora, BerryBenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka, dan Luxola. Kegiatan Harbolnas ini merupakan kampanye cyber sale terbesar yang ada di Indonesia. Setiap tahunnya jumlah peserta kegiatan ini terus bertambah, pada tahun 2013 misalnya, jumlah peserta yang ikut adalah 22 e-commerce dan berlanjut pada tahun 2014 dengan 78 e-commerce. Dengan kesuksesan di tahun 2012, 2013, dan 2014, jumlah pelaku usaha e-commerce yang ikut meramaikan pameran Harbolnas 2015 pun meningkat menjadi lebih dari 130 e-commerce.
Harbolnas 2015 yang biasa ramai dengan tagar #1212Sale, diadakan setiap tahunnya pada tanggal 12 Desember. Di negara seperti Amerika, Kanada, Inggris, Jerman, dan Jepang, Harbolnas biasa dikenal dengan nama ‘Cyber Monday’ atau ‘Black Friday’. Yang merupakan hari perayaan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai mudahnya berbelanja online dengan aman dan nyaman. Harbolnas 2015 sendiri kabarnya akan mendapat dukungan dari raksasa internet seperti Google dan Facebook seperti yang disampaikan oleh Chief Marketing Officer Lazada, Sebastian Sieber “Facebook dan Google juga ikut mendukung. Oleh karena itu (Harbolnas 2015) pasti bakal lebih menarik dari tahun sebelumnya,”. Menurutnya, jumlah peserta pada tahun ini telah mencakup sekitar 80% situs e-commerce besar di Indonesia. [MFHP]