Acara Upacara Peringatan Kemerdekaan RI Disiarkan Langsung Secara 360 Derajat

logo huawei

Jakarta – Kita dapat menyaksikan Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) hari ini, Rabu (17/08/16) melalui YouTube. Disiarkan dengan tampilan 360 derajat di akun YouTube Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Seperti dilansir dari Tekno Kompas.

Sejumlah aktifitas dapat dilihat pada siaran tersebut, yaitu kirab di Monumen Nasional (Monas) serta kirab di Istana Negara . Acara dimulai tepat pukul 08.00 WIB, sementara upacara yang diadakan di Istana Negara dimulai pukul 10.00 WIB.

Untuk melihat acara siaran di YouTube, kita tinggal langsung membuka kanal Presiden Joko Widodo pada tautan ini. Siaran Upacara Peringatan Kemerdekaan RI diadakan langsung dan dapat disaksikan secara 360 derajat.

Untuk melakukan peliputan tersebut menggunakan kamera Theta dari Ricoh. Ada tiga unit kamera digunakan dan dipasang di tiga titik yang berbeda. Dua di Istana Negara sementara satu dipasang di Monumen Nasional.

Bentuk kamera Ricoh Theta sendiri sepintas hampir sama dengan remote televisi. Ada dua lensa bulat terpasang dibagian depan dan belakangnya. Kamera Ricoh Theta ini adalah salah satu dari dari banyaknya kamera 360 derajat yang tersedia di pasaran.

Dengan menggunakan mouse di komputer ataupun laptop kita tinggal mengarahkan layar ke arah mana yang ingin kita lihat. Dengan bebas kita dapat menyaksikannya dari segala arah sudut pandang.

Selain melalui komputer atau laptop kita juga dapat menyaksikannya melalui smartphone. Buka aplikasi YouTube di smartphone kemudian tinggal arahkan smartphone ke arah sudut pandang yang kita kehendaki.

Bahkan apabila ingin merasakan semua itu lebih nyata, seolah-olah kita hadir di Istana Negara, maka kita dapat menyambungkan smartphone kita ke perangkat virtual reality. Bukan hanya dengan perangkat VR saja, kita juga bisa mencoba menggunakan Cardboard VR buatan Google.

Pastikan sebelumnya smartphone yang akan kita hubungkan dengan perangkat VR sudah mendukung teknologi VR. Untuk menyaksikan acara Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia menggunakan perangkat VR sangat mudah, kita cukup menggerakan kepala kita dengan menoleh ke arah sudut pandang yang kita kehendaki.

Siaran langsung liputan Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia secara 360 derajat ada baru pertama kali di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Google pada akun Twitter mereka.