Akhirnya! Windows 10 Bisa Dijalankan Pada Prosesor Qualcomm Snapdragon 835

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Memang sudah cukup lama diketahui bahwa Microsoft dan Qualcomm sedang melakukan persiapan peluncuran perangkat berbasis ARM prosesor yang bisa menjalankan Windows 10. Akhirnya, pada minggu ini Microsoft memperlihatkannya pada acara BUILD 2017.

Pada kesempatan tersebut Microsoft dan Qualcomm mengumumkan kerjasamanya untuk mentransfer Windows 10 ke ponsel pintar, komputer tablet dan komputer-komputer yang diotaki oleh Snapdragon’s 64-bit ARM chips. Microsoft pun melengkapi pengumuman kerja sama tersebut dengan mendemonstrasikan Windows 10 yang berjalan pada Snapdragon 835 processor.

Perubahan yang ingin dibawa oleh Microsoft dan Qualcomm pada pasar komputer adalah merubah perspektif yang ada saat ini yang merupakan sebuah revolusi. Selama ini sistem operasi besutan Microsoft dikenal hanya bisa berjalan pada prosesor dengan x86 arsitektur. Keadaan ini akan berubah dengan kehadiran versi Windows 10 dan prosesor dari Qualcomm.

Tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama seperti yang terjadi pada Surface RT dan Windows RT, Microsoft telah mengatur prosesor tersebut dengan menggunakan emulator yang akan merubah perintah antara dua arsitektur secara langsung.

Dengan cari ini, nantinya akan memungkinkan aplikasi-aplikasi win32 berjalan di ARM arsitektur secara transparan bagi pengguna, sehingga mereka akan dapat memasang dan menggunakan aplikasi yang tengah mereka gunakan.

Dalam rangka memperlihatkan apa saja yang telah dilakukan dan juga proses pengembangannya, pada BUILD 2017 Microsoft menjelaskan prosesnya, bagaimana mengunduh, memasang dan menggunakan secara normal aplikasi-aplikasi win32 yang dibuat untuk x86 prosesor.

Dengan adanya kemampuan ini, maka akan membuka alternatif bagi perangkat-perangkat yang ada. Jadi tidak harus tergantung pada Windows S. Selain itu, akan membuat lebih menarik dan menjadi pesaing untuk Chromebooks.

Jadi, tinggal ditunggu saja sampai akhir tahun ini bagaimana reaksi pasar ketika perangkat pertama diluncurkan. Nanti kita bakal melihat apa yang telah disiapkan oleh Microsoft dan Qualcomm.(hh)