Amazon Akan Tutup Alexa

logo huawei

Jauh sebelum Amazon memberikan nama Alexa pada asisten rumah yang terus bertambah jumlahnya, produk perusahaan yang paling terkenal dengan moniker itu adalah Alexa Internet, layanan peringkat web yang merupakan alat pertama yang terhubung ke internet.

Sebagai pionir Amazon ingin mendapatkan peringkat situs mereka di pencarian internet. Itu dianggap sebagai pelopor ketika Amazon memperoleh layanan pada tahun 1999. Namun pada tahun 2021, Alexa asli masih berdiri dan berkerja dengan cara yang sama seperti mesin pencari seperti Yahoo!, tetapi hal itu lebih merupakan peninggalan daripada ada yang lain.

Amazon mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka akan menutup layanan itu pada 1 Mei tahun depan, kira-kira 26 tahun setelah perusahaan tersebut pertama kali didirikan. Amazon tidak menjelaskan alasan di balik keputusan tersebut, malah memilih untuk membuat pengumuman itu secara singkat:

Dua puluh lima tahun yang lalu, kami mendirikan Alexa Internet. Setelah dua dekade membantu Anda menemukan, menjangkau, dan mengonversi audiens digital Anda, kami telah membuat keputusan sulit untuk menghentikan Alexa.com pada 1 Mei 2022. Terima kasih telah menjadikan kami sumber untuk penelitian konten Anda, analisis kompetitif , penelitian kata kunci, dan banyak lagi.

Menurut gizmodo.com, pengumuman tersebut mencatat bahwa Alexa sudah berhenti menawarkan langganan baru (sebenarnya, langganan tersebut terputus kemarin) dan bahwa siapa pun yang memiliki langganan akan tetap memiliki akses hingga penutupan pada 1 Mei 2022. Setelah itu, satu-satunya hal yang dapat dilakukan pelanggan tersebut adalah mengekspor data lalu lintas yang sudah ada sebelumnya dari platform. Jadi, jika data itu penting bagi Anda, mulailah mengekspor.

Memang, mungkin tidak terlalu banyak penggemar OG Alexa yang tersisa. Dimana yang lain telah menunjukkan bahwa jumlah lalu lintas untuk situs Alexa sendiri, Alexa.com, telah mengalami penurunan yang stabil selama dekade terakhir, berkurang dari puluhan juta per bulan pada tahun 2013 menjadi hanya sebagian kecil dari angka-angka itu hari ini. Amazon tidak pernah malu untuk menyimpan produk-produk yang tidak layak dikonsumsi. Dan sejujurnya, perusahaan ini tampaknya lebih peduli dengan kehidupan Alexa di rumah kita daripada Alexa yang terjebak dalam sejarah internet.(ra/hh)

%d bloggers like this: