Aplikasi Android Curi Info Bank dan Kirim SMS palsu, Hapus Sekarang!

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Para ahli keamanan siber telah menemukan aplikasi berbahaya yang dapat mencuri informasi bank yang ada di ponsel Android. Para pemilik ponsel Android harus segera memeriksa ponsel mereka untuk aplikasi berbahaya itu.

Contoh aplikasi-aplikasi palsu yang dapat mencuri info di ponsel Android seperti diungkapkan oleh pakar keamanan di ESET

Para ahli keamanan siber telah mengungkapkan daftar panjang aplikasi berbahaya yang dapat mencuri info bank pada ponsel Android yang telah dipasang oleh puluhan ribu pengguna.

Perusahaan keamanan teknologi ESET mengatakan semua aplikasi tersebut telah dihapus dari Google Play Store, tetapi pengguna ponsel harus menghapusnya secara manual dari ponsel mereka.

Aplikasi-aplikasi berbahaya itu disamarkan sebagai aplikasi penguat perangkat dan pembersih, pengelola baterai, serta aplikasi horoskop, tetapi sebenarnya semua aplikasi itu merupkan alat untuk peretas.

Beberapa aplikasi berpura-pura sudah dihapus, tetapi akan terus berjalam di latar belakang
Aplikasi juga diprogram untuk menampilkan pesan kesalahan palsu ketika dijalankan

Dengan mengirim dan menerima SMS dari perangkat ponsel pengguna, ada kemungkinan bagi peretas untuk mendapatkan akses ke hampir semua akun web yang dimiliki pengguna ponsel. Tentunya ini dapat menempatkan profil media sosial pengguna, akun aplikasi dan akun game dalam bahaya.

Ketika aplikasi diluncurkan, mereka akan menampilkan pesan kesalahan palsu yang mengatakan bahwa mereka telah dihapus karena ketidakcocokan dengan perangkat. Selanjutna aplikasi itu akan menyembunyikan dirinya, atau kadang-kadang berpura-pura berfungsi secara normal.

Namun di balik layar, aplikasi ini akan mengirim dan membaca pesan teks, meniru aplikasi perbankan, dan bahkan mengunduh serta memasang aplikasi lain.

Menurut ESET, pengguna ponsel Android dapat memperbaiki masalah tersebut dengan hanya menghapus aplikasi yang telah terpasang.

Pengguna dapat melakukannya dengan membuka Pengaturan> Umum> Manajer aplikasi / Aplikasi.

Namun, jika ada layanan pihak ketiga yang telah disusupi, maka pengguna perlu mengubah kata sandi pada akun tersebut secara manual dan pengguna juga perlu memeriksa bank apakah ada transaksi yang mencurigakan.

Berikut ini adalah saran dari ESET:

  • Pastikan hanya mengunduh aplikasi dari Google Play, walaupun ada yang lolos biasanya langsung dihapus.
  • Pastikan untuk memeriksa jumlah unduhan, peringkat aplikasi, dan konten ulasan sebelum mengunduh aplikasi dari Google Play.
  • Perhatikan izin apa yang diberikan untuk aplikasi yang dipasang pada ponsel.
  • Tetap perbarui perangkat ponsel Android dan gunakan aplikasi keamanan seluler yang handal.

Sumber