Aplikasi Gratis Untuk Buka Enkripsi WannaCry Telah Tersedia

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Aplikasi berbahaya WanaCryptor 2.0 yang dikenal juga sebagai Wcry atau WannaCry saat ini telah digunakan untuk melakukan serangan ransomware terbesar yang pernah ada. Seorang ahli peniliti keamanan bernama Benjamin Delpy telah membuat aplikasi yang akan membantu membuka komputer yang terkunci akibat serangan ransomware.

Seperti yang telah kita ketahui baru-baru ini kelompok hacker “The Shadow Brokers” telah menyediakan aplikasi peretas yang mereka curi dari NSA secara gratis. Aplikasi peretas yang dapat digunakan untuk meretas komputer-komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Untuk mengetahui lebih detail mengenai Ransomware WannaCry, silahkan kunjungi link dibawah ini.

Serangan Siber Ransomware Kejutkan Dunia

Seminggu setelah terjadinya serangan ransomware telah membuat stress banyak pengguna internet. Namun, sejumlah peneliti keamanan sepertinya tengah mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan untuk memperbaiki komputer yang terserang Ransomware WannaCry.

Seperti dilansir dari Reuter, telah diberitakan seorang peneliti keamanan dari Perancis bernama Adrien Guinet dari Quarkslab, telah menemukan aplikasi yang dapat memperbaiki komputer yang terinfeksi. Tetapi, aplikasinya hanya bisa membaiki komputer dengan sistem operasi Windows XP.

Ia telah berhasil menemukan bilang prima yang digunakan untuk menggantikan kunci rahasia RSA yang telah digunakan oleh Ransomware WannaCry untuk memecahkan kode yang digunakan dalam proses enkripsi.

Ia telah menggunggah aplikasinya yang diberi nama WannaKey(tool) di akun Githubnya. Ia juga membuat aplikasi tersebut open source karena ia yakin peneliti lain bisa memanfaatkannya guna menemukan solusi untuk versi Windows lainnya.

Ternyata apa yang ia yakini benar. Seorang peneliti keamanan bernama Benjamin Delpy telah membuat aplikasi untuk memperbaiki komputer yang terkena Ransomware WannaCry berdasarkan aplikasi yang telah dibuat oleh Adrien Guinet.

Benjamin memberi nama aplikasinya “WanaKiwi”, aplikasi ini mampu membuka komputer yang terkunci akibat Ransomware WannaCry dan dapat digunakan pada Windows 7, Windows XP, Server 2003, Server 2008 dan Vista.

Sumber video: The Hacker News

Aplikasi WannaKiwi dapat digunakan melalui Command Prompt. Apabila ada komputer anda yang terinfeksi oleh Ransomware, maka anda dapat mengunduhnya melalui Github .(hh)