Aplikasi Pesan Instan Paling Aman di Dunia

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Saat ini WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di dunia. Aplikasi milik Facebook ini mampu menempatkan dirinya sebagai aplikasi terfavorit, walaupun banyak tersedia aplikasi sejenis di pasaran.

Selama beberapa tahun aplikasi WhatsApp merajai dunia pesan instan tanpa memikirkan perlunya penambahan untuk fitur-fitur baru. Namun, persaingan semakin ketat dan didalam beberapa bulan terakhir kita melihat hadirnya sejumlah aplikasi baru dengan fungsi yang sama.

Untuk menghadapi itu, maka WhatsApp telah menambahkan beberapa fitur baru dan yang terakhir baru saja ditambahkan adalah fitur baru untuk status. Dimana pengguna dapat menggunakan image atau video didalam status mereka. Fitur ini akan merubah aplikasi pesan instan ini menjadi sebuah jaringan sosial.

Walaupun demikian WhatsApp memiliki kelemahan dalam sistem keamanannya. Memang telah ada perbaikan yang dilakukan, seperti adanya tahapan untuk verifikasi. Tetapi masih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan agar sistem keamanan pada aplikasi tersebut bisa secara sempurna melindungi penggunanya.

Dikarenakan adanya kekurangan pada sisi keamanan, maka WhatsApp bukanlah aplikasi yang paling banyak digunakan. Aplikasi seperti Telegram atau Signal memiliki keamanan jauh lebih baik dari WhatsApp. Namun, hanya ada satu aplikasi pesan instan paling aman didunia yang saat ini digunakan oleh para pegawai kepresidenan Amerika Serikat di Gedung Putih.

Aplikasi Pesan Instan Paling Aman di DuniaAplikasi pesan instan tersebut bernama Confide, aplikasi pesan instan yang memiliki sistem otomatis yang akan menghapus pesan setelah dibaca dan pesan berupa gambar pun tidak ditampilkan secara penuh.

Sejumlah pegawai kepresidenan di Gedung Putih, merasa khawatir seandainya mereka dituduh membocorkan informasi kepada wartawan atau korban dari serangan peretas. Untuk itulah mereka memilih menggunakan Confide sebagai aplikasi pesan instan mereka.

Confide tersedia untuk Android dan iOS, bahkan tersedia versi gratis dengan fitur-fitur yang telah disebutkan diatas. Setiap pesan yang diterima sebagian akan diburamkan, untuk membaca pesan kita harus mengklik pada bagian buram agar tulisan ditampilkan. Apabila tulisan terdiri dari beberapa baris, maka kita harus menggeserkan jari kita pada baris yang kita ingin baca. Sementara barisan tulisan yang sudah kita baca akan diburamkan atau disembunyikan kembali. Dengan cara seperti ini maka tulisan tidak akan terlihat semuanya, sehingga tidak memungkinkan untuk mengambil foto (screenshot) dari pesan tersebut.

Hal yang sama berlaku bagi pesan berupa gambar. Pesan gambar akan diburamkan, hanya bagian yang disentuh oleh jari saja yang akan terlihat. Gambar, tulisan dan juga rekaman suara yang diterima akan dihapus secara otomatis setelah dibaca. Data-data tersebut juga tidak disimpan dalam sebuah server. Pada versi berbayarnya, tersedia fitur dimana kita dapat menghapus pesan kita yang belum dibaca oleh penerima pesan.

Sejumlah website masih meragukan bahwa Confide merupakan aplikasi pesan instan yang paling aman saat ini. Namun, tidak diragukan lagi, publisitas yang diperoleh oleh Confide setelah adanya publikasi tersebut, tentunya akan membuatnya berada diposisi yang paling disukai di pasar aplikasi pesan instan.

Jadi bagi yang mencoba aplikasi pesan instan tersebut dapat mengunduhnya disini.(hh)