Apple Akan Jual Suku Cadang

logo huawei

Apple membuka perbaikan untuk iPhone dan Mac. Perusahaan teknologi ini berencana untuk mulai menjual suku cadang dan alat serta menawarkan instruksi tentang cara memperbaiki produk Apple di rumah, tanpa harus membawanya ke toko atau bengkel pihak ketiga.

Apple berencana untuk memulai dengan iPhone 12 dan 13, diikuti oleh Mac dengan chip M1. Anda akan dapat mengganti tampilan, baterai, dan kamera iPhone menggunakan suku cadang dari Apple pada awalnya, dengan opsi lain yang akan datang nanti.

Ini adalah perubahan besar dari Apple, yang secara historis anti terhadap gerakan hak untuk memperbaiki dan dari setiap perbaikan yang terjadi di luar tokonya sendiri. Bahkan minggu ini, Apple menjalankan kembali perangkat lunak yang mencegah pengenalan ID Wajah berfungsi jika pelanggan mengganti layar mereka sendiri.

Apple menyebut program itu “Perbaikan Layanan Mandiri”, dan akan diluncurkan “awal tahun depan” di Amerika Serikat dan kemudian diperluas ke negara lain. Perusahaan tersebut juga mengatakan program ini hanya dimaksudkan untuk “teknisi individu dengan pengetahuan dan pengalaman untuk memperbaiki perangkat elektronik” dan bahwa sebagian besar pelanggan tetap harus pergi ke profesional.

Tetapi Apple setidaknya sekarang menawarkan opsi bagi pelanggan yang merasa nyaman melakukan perbaikan sendiri. Secara kritis, melakukan perbaikan ini sendiri tidak akan membatalkan garansi terhadap perangkat, menurut TechCrunch, meskipun dalam prosesnya masih dapat merusak perangkat.

Menurut theverge.com, Perubahan ini juga membantu memperkuat Apple dalam proses perbaikan. Perusahaan sudah memiliki program untuk menjual suku cadang “asli” ke bengkel pihak ketiga, dan pengumuman hari ini membuat semakin besar kemungkinan pelanggan akan membeli suku cadang dengan harga penuh dari Apple. Suku cadang tidak akan tersandung sistem iPhone yang mencoba untuk mencegah penggunaan komponen yang tidak dibeli dari Apple, daripada mencari opsi aftermarket dalam keadaan terbatas yang memungkinkan.

iFixit yang merupakan sumber untuk suku cadang dan instruksi perbaikan DIY, merayakan langkah tersebut tetapi mencatat bahwa itu datang dengan peringatan substansial. Keputusan Apple adalah “konsesi luar biasa untuk kompetensi kolektif kami” dan membatalkan banyak argumen yang dibuat Apple dan perusahaan lain terhadap hak untuk memperbaiki, tulis Elizabeth Chamberlain, direktur keberlanjutan iFixit.

Tetapi Chamberlain mencatat bahwa ini masih bukan “revolusi perbaikan sumber terbuka yang kami cari melalui perjuangan kami untuk hak untuk memperbaiki” karena tampaknya masih mendukung pembatasan yang mengharuskan suku cadang dibeli langsung dari Apple.

Apple mengatakan pihaknya berencana untuk menjual “lebih dari 200 suku cadang dan peralatan individual.” Perusahaan juga akan menawarkan manual book untuk perbaikan yang dapat ditinjau pelanggan sebelum membeli suku cadang.

Harga untuk suku cadang serta alat belum diumumkan. Apple mengatakan pelanggan dapat menerima recycling kredit  untuk mengembalikan suku cadang bekas mereka setelah menyelesaikan perbaikan.(ra/hh)

%d bloggers like this: