Apple telah melanggar tradisi yang dipertahankannya selama 12 tahun, dengan tidak merilis iPad baru pada tahun 2023. Untuk pertama kalinya perusahaan memilih untuk tidak meluncurkan tablet baru dalam satu tahun kalender penuh sejak diperkenalkannya lini produk tersebut.
Sejak debutnya pada tahun 2010, iPad telah menjadi produk penting bagi Apple dan pemimpin pasar tablet, dengan merilis setidaknya satu model baru setiap tahun. Belakangan ini, perusahaan telah merilis sebanyak empat model iPad baru per tahun. Sebelum tahun 2023, tahun 2009 adalah tahun terakhir tidak adanya iPad baru, hanya karena lini produknya belum diluncurkan.
Menurut macrumors.com, peluncuran iPad terbaru terjadi pada bulan Oktober 2022. Satu-satunya perangkat keras yang berdekatan dengan iPad yang dirilis pada tahun 2023 adalah Apple Pencil dengan USB-C.
- 2010: iPad (generasi pertama)
- 2011: iPad 2
- 2012: iPad (generasi ke-3), iPad (generasi ke-4), dan iPad mini (generasi ke-1)
- 2013: iPad Air (generasi ke-1) dan iPad mini 2
- 2014: iPad Air 2 dan iPad mini 3
- 2015: iPad mini 4 dan iPad Pro 12,9 inci (generasi ke-1)
- 2016: iPad Pro 9,7 inci
- 2017: iPad (generasi ke-5), iPad Pro 12,9 inci (generasi ke-2), dan iPad Pro 10,5 inci
- 2018: iPad (generasi ke-6), iPad Pro 11 inci (generasi ke-1), dan iPad Pro 12,9 inci (generasi ke-3)
- 2019: iPad (generasi ke-7), iPad Air (generasi ke-3), dan iPad mini (generasi ke-5)
- 2020: iPad (generasi ke-8), iPad Air (generasi ke-4), iPad Pro 11 inci (generasi ke-2), dan iPad Pro 12,9 inci (generasi ke-4)
- 2021: iPad (generasi ke-9), iPad mini (generasi ke-6), iPad Pro 11 inci (generasi ke-3), dan iPad Pro 12,9 inci (generasi ke-5)
- 2022: iPad (generasi ke-10), iPad Air (generasi ke-5), iPad Pro 11 inci (generasi ke-4), dan iPad Pro 12,9 inci (generasi ke-6)
- 2023: Tidak ada
Jeda rilis iPad baru ini patut diperhatikan mengingat sejarah lini produk dan dapat menandakan momen refleksi tentang arah perangkat. Seiring dengan semakin canggihnya iPad dan diadopsi secara luas, urgensi untuk sering melakukan upgrade telah berkurang bagi banyak calon pelanggan. Pergeseran perilaku konsumen ini mungkin mendorong Apple untuk mengevaluasi kembali strategi tabletnya, dengan fokus pada pembaruan perangkat keras yang lebih berdampak dan lebih jarang dilakukan.(ra)