Apple Rilis Layanan ‘Apple Music TV’

logo huawei

Apple meluncurkan layanan baru yaitu Apple Music TV, layanan ini menawarkan streaming konten video musik populer 24 jam gratis dengan streaming langsung video musik populer yang juga menyertakan pemutaran perdana, video musik baru ekslusif, dan blok video musik yang dikurasi secara khusus. Pengguna dapat menontonnya di tab telusuri di app Apple Music dan di app Apple TV.

Dilansir dari situs web theverge.com, saat ini Apple Music TV hanya tersedia di Amerika Serikat dan secara eksklusif melalui aplikasi Apple Music dan aplikasi Apple TV. Apple memulai saluran TV dengan 100 lagu yang paling banyak di putar di Apple Music.

Apple Music TV akan memungkinkan menandingi YouTube dalam musik video. Selain itu, Apple Music TV akan menjadi tuan rumah untuk pemutaran perdana sejumlah video musik terbaru Joji dengan judul lagu “777” dan lagu dari Saint Jhn dengan judul “Gorgeous”. Pada tanggal 22 Oktober 2020, saluran ini akan menayangkan acara peluncuran album terbaru Bruce Springsteen, yang berjudul “Letter to You”.

Apple Music TV juga akan menayangkan video terpopuler Springsteen, dan acara streaming langsung khusus untuk penggemar. Selain itu, ada juga wawancara dengan pembawa acara stasiun radio Apple Music, Zane Lowe.

Namun, perusahaan belum mengumumkan dokumenter musik apa pun di Apple Music TV untuk saat ini. Namun tetap saja, para pengguna berharap platform ini memiliki konten yang cukup karena Apple memiliki banyak konten orisinal sejak peluncuran resminya pada 2015, termasuk film konser, wawancara, dan lainnya.

Dengan adanya Apple Music TV, Apple akhirnya bisa masuk ke ranah video musik yang selama ini didominasi oleh rival terbesarnya, Google YouTube. Ini tidak hanya menjadi kabar baik bagi Apple tetapi juga khalayak umum akan memberi mereka lebih banyak pilihan untuk dipilih.

Youtube sendiri menyatakan bahwa mereka memiliki lebih dari satu miliar penggemar musik pada platformnya. Hal ini yang membuat Apple untuk menghadirkan layanan yang serupa agar dapat berkompetisi dengan platform Youtube.(na)