BBC Rilis Asisten Suara Versi Beta

logo huawei

BBC merilis asisten suara yang diberi nama ‘Beeb’ yang masih versi beta, asisten suara ini mengizinkan pengguna Windows di UK untuk mencoba software tersebut pada Windows 10. BBC mengatakan bahwa Beeb adalah asisten suara pertama untuk publik. Jika pengguna terdaftar sebagai beta tester Windows , mereka dapat langsung mengunduh dan memasangnya dari Microsoft Store.

Dilansir dari situs web TheVerge.com, Beeb merupakan upaya dari BBC untuk mengkontrol pengalaman dan data pengguna, daripada memberikannya pada perusahaan besar lainnya seperti Amazon dan Google yang saat ini mendominasi pasar asisten suara dengan Alexa dan Google Assistant. The Guardian juga menekankan bahwa BBC secara efektif dengan mudah memberikan kontennya pada platform pihak ketiga seperti Google Podcasts dan TuneIn.

Asisten suara BBC telah diluncurkan dengan pilihan fitur yang relatif terbatas. Pengguna dapat meminta Beeb untuk memutar stasiun radio, podcast, dan segala jenis musik di BBC. Selain itu, pengguna dapat menggunakannya untuk mendapatkan berita dan pembaruan cuaca lokal.

Ada juga beberapa konten komedi yang disertakan, sehingga pengguna dapat meminta Beeb menghadirkan lelucon, atau fakta menarik yang dibaca oleh presenter QI Sandi Toksvig. Namun, saatini belum ada dukungan untuk fitur asisten suara umum lainnya seperti penghitung waktu.

Voice Assistant milik BBC diluncurkan dengan fitur yang terbatas. Pengguna dapat meminta Beeb untuk memutar stasiun radio milik BBC, podcast, dan memainkan musik. Pengguna juga bisa meminta Beeb untuk memberikan berita seperti kabar cuaca di sekitar. Konten hiburan seperti komedi atau fakta menarik yang dibacakan oleh presenter QI Sandi Toksvig. Meskipun begitu, tidak ada support untuk fitur voice assistant yang umum seperti timers.

BBC mengatakan bahwa mereka tidak tertarik untuk berkompetisi secara penuh dengan Alexa dan Google Assistant. Mereka juga tidak memiliki rencana untuk membuat hardware sendiri, melainkan Beeb nantinya dapat terintegrasi dengan software dan layanannya sendiri. Menurut The Guardian di masa depan Beeb bisa berkolaborasi dengan aplikasi BBC Sound untuk menemukan konten radio dan podcast. Beeb juga dapat digunakan untuk mengontrol stereo mobil. Bahkan mungkin dapat berintegrasi langsung dengan platform Amazon.

Privasi menjadi perhatian terbesar bagi semua penyedia asisten suara. BBC News mengabarkan bahwa Beeb tidak akan menyimpan rekaman suara, hanya transkrip yang dianonimkan.

Asisten suara milik BBC ini juga menggunakan suara laki-laki agar menghindari stereotip gender yang berbahaya jika menggunakan suara wanita. Andy Webb dari BBC mengatakan pada The Guardian bahwa asisten suara tersebut didesain untuk menghindari asosiasi yang problematik seperti pada asisten suara lainnya. Meskipun fungsinya masih terbatas, Beeb nantinya dapat merespon beragam perintah suara.(na/hh)