Canggih, Lenovo Rilis Laptop Lipat Pertama di Dunia!

logo huawei

Dimulai dari Microsoft Surface Duo dan Samsung Galaxy Fold yang dijual terlebih dahulu, kelihatannya salah satu obsesi utama di dunia teknologi adalah perangkat yang dapat dilipat. Lenovo merilis PC lipat pertama di dunia, yaitu Thinkpad X1 Fold. Lenovo mengklaim X1 Fold beda dari produk lain di pasaran.

Dilansir dari web creativeblog, perbedaan utama antara Lenovo ThinkPad X1 Fold dan saingannya adalah X1 Fold tidak termasuk perangkat seluler. Diperkuat fitur layar 13.3 inci full OLED dengan resolusi 2.048 x 1.536 piksel dan aspect ratio 4:3, ketika dibentangkan laptop ini terlihat menyerupai sebuah perangkat tablet dengan ukuran yang lebih besar.

Pastinya, X1 Fold bisa digunakan dengan berbagai cara. Ada penyangga (yang dijual terpisah) untuk membuatnya dapat berdiri di orientasi portrait atau landscape, sementara keyboard di layar pada saat perangkat ini dilipat setengah akan memungkinkan pengguna untuk mengetik layaknya di laptop.

Dari segi teknologi, X1 Fold ditenagai prosesor Core i5 Lakefield dari Intel, bersamaan dengan RAM sebesar 8GB dan penyimpanan hingga 1TB. Layarnya sendiri adalah OLED, yang memiliki warna lebih terang dan kontras lebih tinggi dari layar LCD standar.

Tapi mungkin aspek paling mencolok dari X1 Fold adalah harganya. Mulai dari 2.499 dollar AS atau sekitar Rp 37,2 juta ini adalah perangkat yang sangat mahal. Dan Lenovo tau itu. “Layar lipat yang revolusioner tentu tidak datang dengan harga yang murah dan ongkos manufaktur untuk perangkat seperti ini sangatlah tinggi,” kata Paradise.

Terlepas dari semua itu, perangkat ini bisa saja menjadi game changer untuk orang-orang kreatif di luar sana. Perangkat lipat portable yang bisa dibuka hingga ke ukuran penuh kanvas digital bisa saja menyaingi kemampuan drawing tablet, dengan menawarkan layar yang lebih besar, namun bisa dilipat jika butuh portabilitas.

Jika anda tertarik dengan perangkat non-laptop yang kuat dan multi-fungsional, Anda sudah bisa pre-order ThinkPad X1 Fold di website Lenovo dengan harga mulai dari 2.499 dollar AS atau sekitar Rp 37,2 juta. Perangkat ini disebut akan dikirim ke pemesan dalam waktu beberapa pekan setelah order.(kl)