Cara Cepat Pengisian Baterai Smartphone

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Fungsi ponsel saat ini bukan sekedar hanya untuk melakukan panggilan telepon ataupun mengirim pesan singkat. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan dengan ponsel, dari mengetik tugas, memotret, menonton video, mendengarkan lagu dan bermain game. Dengan fungsi yang beragam tersebut tentunya membuat baterai menjadi cepat habis.

Makin banyak kegiatan yang dilakukan tentunya makin sering pula kita harus bolak balik menge-charge ponsel. Sementara proses pengisian baterai ini tidak selalu bisa dilakukan pada malam hari. Apabila waktunya tidak sesuai malah bisa mengganggu kegiatan.

Misalnya saja kita sedang buru-buru karena dalam waktu 30 menit harus bertemu seseorang, tapi baterai ponsel cuma tinggal 10 persen. Dengan kondisi seperti ini kita mungkin mengharapkan proses pengisian baterai bisa dilakukan lebih cepat karena waktu yang terbatas tersebut.

Berikut beberapa cara agar pengisian baterai dengan cepat bisa diwujudkan. Namun semua itu kembali kepada metode pengisian baterai yang anda gunakan. Cara-cara ini dapat digunakan baik untuk Android ataupun iPhone.

1. Gunakan charger tablet

Pengisian baterai dengan menggunakan charger dari tablet atau iPad bisa membantu mempercepat pengisian. Karena charger tablet atau iPad biasanya lebih kuat ketimbang charger bawaan ponsel. Namun perlu di ingat bahwa cara ini hanya dilakukan apabila memang diperlukan saja, sebab apabila digunakan secara rutin dikhawatirkan memperpendek usia baterai. Disamping itu tidak semua perangkat bisa menggunakan charger tablet atau iPad.

2. Gunakan atau pilih kabel USB terbaik

Selalu gunakan kabel USB bawaan dari paket pembelian, karena biasanya kualitas kabel USB sudah sangat baik. Karena kabel USB yang tidak asli atau non original biasanya terbuat dari kualitas yang rendah. Seperti kabel yang tipis dan logam yang digunakan tidak dapat menghantar arus listrik dengan stabil. Sebagai alternatif dari kable USB bawaan bisa juga gunakan kabel USB dari brand yang sudah dikenal baik.

3. Pengisian dalam posisi ponsel mati

Dengan ponsel menyala biasanya pengisian baterai akan terganggu oleh aplikasi-aplikasi yang berjalan di background. Apabila ponsel dimatikan, maka daya yang masuk akan terfokus hanya untuk mengisi baterai yang kosong. Kalau memang tidak sempat mematikan ponsel, bisa juga dengan mengaktifkan ponsel di Airplane Mode.

4. Hindari penggunaan port USB komputer untuk mengisi baterai

Pada umumnya post USB komputer memiliki output daya di kisaran 0,1 A sampai dengan 0,5 A. Jelas ini lebih rendah dari output daya dari charger bawaan yang mencapai 2 A lebih. Jadi apabila sedang terburu-buru jangan gunakan port USB komputer. Bagi sebagian port USB komputer yang memiliki port USB versi 3.0 mampu mengeluarkan output daya sebesar 1A, sehingga masih bisa digunakan untuk mengisi daya ponsel dengan waktu yang cukup singkat.

5. Biarkan ponsel ketika sedang mengisi daya

Ketika ponsel sedang dalam proses pengisian daya, hindarilah untuk mengecek atau menggunakannya. Kecuali memang ada pesan singkat atau panggilan penting yang masuk. Karena ketika kita melakukan pengecekan maka otomatis layar akan menyala, sementara layar adalah bagian yang mengkonsumsi banyak daya.