Cara Mengaktifkan Kunci Sandi Untuk Akun Google Anda

Aktifkan kunci sandi sekarang untuk akses cepat dan aman ke akun Google Anda. Dan administrator Google Workspace juga dapat mengizinkan orang di organisasinya menggunakan kunci sandi.

Menurut techrepublic.com, jika dibandingkan dengan kata sandi konvensional, kunci sandi menawarkan cara yang lebih mudah dan cepat untuk masuk ke akun Google Anda. Anda dapat menambahkan kunci sandi untuk akun Google pribadi apa pun, namun Anda harus menunggu hingga administrator mengizinkan akses kunci sandi untuk akun Google Workspace apa pun (misalnya, akun yang Anda gunakan untuk bekerja). Faktanya, pada Oktober 2023, Google menjadikan kunci sandi sebagai opsi default untuk akses akun pribadi.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan kunci sandi dengan Akun Google, baik Anda pengguna akhir atau admin Google Workspace. Dan, jika Anda tertarik mempelajari dasar-dasar kata sandi, termasuk situs dan layanan mana yang mendukung kata sandi, Anda akan menemukan informasi tersebut setelah petunjuk langkah demi langkah.

Cara mengaktifkan kunci sandi untuk akun Google Anda

Untuk menambahkan dan mengelola kunci sandi dalam akun Google Anda di web:

  1. Masuk untuk mengelola akun Google Anda di myaccount.google.com.
  2. Pilih Keamanan.
  3. Di bagian Bagaimana Anda Masuk Ke Google, pilih Kunci Sandi. Jika Anda telah mengaktifkan Kunci Sandi, opsi tersebut akan ditampilkan di bagian dengan metode lain, seperti Authenticator atau perintah Google.

Bagaimana administrator dapat mengizinkan kunci sandi di Google Workspace

  1. Masuk ke konsol Google Admin dengan akun administrator Workspace Anda.
  2. Buka Menu | Keamanan | Otentikasi | Tanpa kata sandi.
  3. Di bagian Lewati Kata Sandi, pilih kotak centang di samping Izinkan Pengguna Melewati Kata Sandi Saat Masuk Dengan Menggunakan Kunci Sandi dan pilih Simpan. Mungkin diperlukan waktu beberapa saat sebelum opsi untuk menambahkan kunci sandi tersedia untuk akun di organisasi Anda.(ra)