Cari Komoditas Pertanian Murah? Gunakan Kawal Harga

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Aplikasi Kawal Harga yang dibuat oleh Code4Nation telah diluncurkan pada tanggal 11 April 2016. Peluncuran tersebut dalam rangka mendukung program Sinergi Ekonomi Kerakyatan melalui Pertanian berbasis TIK di STA Larangan Brebes.

Berikut apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari aplikasi Kawal Harga:

  • Membantu aktivitas petani dalam menjual hasil produksi pertanian
  • Petani dapat memberitahukan lokasi komoditasnya melalui aplikasi
  • Calon pembeli dapat memperoleh informasi penjual dan harga komoditas terdekat dari lokasinya
  • Aplikasi kawal harga juga dilengkapi dengan data pantauan harga pasar dari Kementerian Perdagangan RI

Pasca peluncurannya pihak Kawal Harga telah menandatangani MOU dengan MASTEL pada tanggal 16 Maret 2016. Penandatanganan MOU tersebut menjadikan Kawal Harga masuk di dalam program MASTEL Digital Inititative.

Pihak-pihak yang memberikan dukungan terhadap aplikasi Kawal Harga adalah, Kementrian Perdagangan, Kementrian Pertanian, Kementrian Kominfo, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, Kantor Staf Presiden dan Code4Nation.

Sebelumnya aplikasi ini berhasil menjadi Juara Terbaik di ajang Kompetisi Hackathon Merdeka, pada tanggal 22-23 agustus 2015 di Gedung Krida Bhakti Sekretariat Negara. Pada saat mengikuti ajang kompetisi itu aplikasi Kawal Harga menggunakan nama Pantau Harga.

Dikarenakan keberhasilannya tersebut maka tim pembuat aplikasi Kawal Harga memperoleh kesempatan untuk bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo, pada tanggal 24 Agustus 2015 di Istana Bogor.

Hingga saat ini sudah lebih dari 10.000 kali terdownload melalui Google Playstore, dan sudah ratusan petani yang bergabung sebagai penjual komoditas. Selain petani banyak juga orang yang mendownload aplikasi ini, karena sebagai konsumen mereka bisa mendapatkan informasi harga komoditas pertanian.

Para konsumen dapat melakukan transaski langsung dengan para petani. Dengan menggunakan aplikasi Kawal Harga maka tidak ada lagi perantara, sehingga biaya yang dikeluarkan menjadi jauh lebih ekonomis.

Kedepannya akan dilakukan pengembangan pada aplikasi untuk para pengguna seluler berbasis iOS. Penambahan fitur pada Payment Channel, yang akan membantu memberikan kemudahan dalam bertransaksi.

Selain pengembangan dan penambahan pada aplikasi, akan dibangun pula kerjasama dengan Kelompok Tani/Aggregator Komoditas. Serta meneruskan dan meningkatkan promo aplikasi dengan membangun Fan based melalui sosial media.

Diharapkan pula dengan adanya aplikasi Kawal Harga ini bisa membantu meningkatkan kesejahteraan para petani di Indonesia. Bagi yang ingin mencoba ataupun memanfaatkan aplikasi ini untuk keperluan usaha bisa mendownload aplikasi ini di Google Playstore.