CEO Alibaba Group Jadi Penasihat Pembangunan E-commerce di Indonesia

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Jack Ma, founder dan CEO e-commerce terbesar di China mendapatkan undangan dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara guna turut andil dalam pembangunan industri e-commerce di tanah air sebagai penasihat. Seperti dilansir dari Kompas Tekno.

“Saya mengusulkan kepada Jack Ma untuk menjadi advisor dari Steering Committee implementasi petajalan (roadmap) e-commerce Indonesia,” jelas Menkominfo seperti di kutip dari KompasTekno.

“Saya juga sedang mengusahakan tokoh internasional lain yang mempunyai kapasitas dan kapabilitas untuk juga menjadi advisor Steering Committee. Yang lainnya, yang relevan dengan Digital Economy,” tambahnya.

Ajakan tersebut ditanggapi oleh Jack Ma secara positif. Ini terlihat dari status resmi Alibaba Group di Twitter yang mengumumkan mengenai kesanggupan CEO Alibaba itu menjadi salah seorang penasihat dalam pembangunan roadmap e-commerce di Indonesia.

“Dalam kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke markas Alibaba hari ini (2 September 2016), Ma menerima tawaran untuk menjadi penasihat ekonomi pemerintah Indonesia,” seperti tertulis di status Twitter Alibaba Group.

Rombongan Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama sejumlah menteri meluangkan waktu mereka untuk menyambangi kantor pusat Alibaba Group tersebut. Keberadaan rombongan tersebut di negeri Tirai Bambu tersebut dalam rangka kunjungan kerja.

Sejumlah menteri yang ikut dalam rombongan kunjunga kerja itu diantaranya adalah Menteri Keuangan, Sri Mulyani; Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; Menkominfo Rudiantara; Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita; Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto; Dubes RI untuk China, Sugeng Rahardjo; Sekretaris Kabinet, Pramono Anung dan Kepala BKPM, Thomas Trikasih Lembong.

Ada tujuh poin didalam roadmap e-commerce yang merupakan bagian dari usaha untuk membantu pertumbuhan ekonomi digital di tanah air, yakni keamanan cyber, pendidikan, pajak, infrastruktur komunikasi, perlindungan konsumen, pendanaan dan persoalan logistik. Roadmap e-commerce sendiri telah dicanangkan pada permulaan tahun 2016.

Kemudian agar pembangunan roadmap e-commerce dapat berjalan sesuai ketika di implementasikan, pemerintah melakukan kolaborasi bersama pihak-pihak yang memiliki kopetensi yang sesuai dengan membuat Steering Committee. Dimana Steering Committee nantinya yang bakal membuat roadmap dari e-commerce.