Discord Rilis Fitur ‘Mobile Screen Sharing’

logo huawei

Discord terkenal sebagai platform perpesanan instan yang dirancang untuk menciptakan komunitas. Pengguna Discord dapat berkomunikasi dengan obrolan teks, panggilan suara, video call, media dan file dalam obrolan pribadi maupun dari komunitas yang disebut server. Discord saat ini menjadi salah satu platform media sosial game paling populer dan layanan paling disukai oleh para gamers di seluruh dunia.

Perusahaan mengumumkan pada hari Rabu, 16 Desember 2020 telah meluncurkan fitur baru mobile screen shating atau berbagi layar ke pengguna dengan selulernya. Tapi sebelum pengguna menggunakan fitur ini, pengguna harus mengakses Discord yang ada di PC maupun laptop untuk dapat melakukan screen sharing.

Dilansir dari situs Theverge, jika fitur Mobile screen sharing telah diaktifkan maka pengguna dapat membagikan layar smartphone dan apa yang sedang dibuka maupun di tonton akan disiarkan secara langsung ke semua pengguna yang berada di dalam server.

Fitur ini juga dapat menayangkan game apa yang sedang dimainkan dan orang-orang dapat bergabung dengan saluran untuk menonton streaming, dan memungkinkan penonton untuk keluar dan masuk server kapan saja

Fitur video call dan berbagi layar ini pertama kali dirilis pada Oktober 2017, fitur ini memungkinkan pengguna membuat dan melakukan panggilan pribadi dengan 10 pengguna dan ditingkatkan menjadi 40 pengguna sejak pandemi virus corona.

Sebelum melakukan mobile screen sharing pengguna sebaiknya mengaktifkan mode Do Not Disturb atau jangan ganggu untuk menghindari munculnya notifikasi saat screen sharing. Pengguna hanya bisa berbagi layar dengan aplikasi yang didukung oleh Discord seperti Youtube, PUBG Mobile dan lainnya. Sayangnya fitur ini tidak bisa digunakan untuk menonton Netflix.

Discord mengatakan tidak membatasi berapa banyak pengguna yang dapat melakukan screen sharing dalam satu server yang sama. Fitur mobile screen sharing ini dapat ditonton hingga 50 orang dalam satu server. Fitur ini diluncurkan secara bertahap ke aplikasi Discord iOS dan Android.(na)