Dorong Kebijakan Telematika Dan Industri Digital Yang Lebih Baik Melalui Agregasi Opini Masyarakat Dan Pengembangan SDM Digital

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta (11/12/2019), Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) pada hari Rabu, 11 Desember 2019, telah menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) Tahunan, yang bertempat di Champion Room/Auditorium Lt. 6, Telkomsel Smart Office, Jalan Jend. Gatot Soebroto Kav. 52, Jakarta.

Latar belakang diadakannya Rapat Kerja Tahunan merupakan upaya membangun tata kelola organisasi yang lebih baik, MASTEL berusaha untuk selalu berkomitmen menjalankan kewajiban pelaksanaan Raker tahunan sesuai dengan aturan dalam anggaran dasar.

Selain itu, MASTEL sebagai organisasi yang mewadahi masyarakat telematika, dengan fokus perhatian pada industri digital yang terus mengalami perkembangan, maka penting bagi MASTEL untuk secara periodik melakukan pembacaan atas konteks yang mempengaruhi kerja-kerja MASTEL ke depan, yang mencakup politik dan hukum, ekonomi, serta sosial budaya, dan menggunakan Raker sebagai forum kesepakatan dalam menentukan agenda strategis menyikapi situasi tersebut.

Agenda awal pada Rapat Kerja, Bapak Kristiono juga menyampaikan laporan terkait program-program kerja yang sudah terealisasi dan laporan keuangaan untuk tahun 2019. Termasuk apa saja yang menjadi target MASTEL di tahuan 2020 nanti. Target utama adalah mendorong dan mempengaruhi kebijakan terkait telematika dan industri digital, terutama terkait rancangan kebijakan yang menjadi fokus perhatian MASTEL, mencakup: draft RUU Penyiaran, draft RUU PDP, draft RUU KKS, dan draft RUU Telekomunikasi. Selain itu Pengembangan SDM digital dalam bentuk pembelajaran vokasi melalui platform e-learning menjadi target kedua yang akan dilengkapi dengan modul kompetensi yang relevan guna mendukung kegiatan ekonomi digital.

Agenda selanjutnya dari kegiatan Rapat Kerja Tahunan adalah penyampaian paparan mengenai platform katapubik.id oleh Bapak Sigit Puspito Wigati Jarot. Katapublik.id adalah ruang agregasi opini publik dalam rangka mendorong kebijakan dan regulasi yang lebih relevan dan menyehatkan industri, serta mengawal kepentingan nasional dan perlindungan warga negara.

Kemudian Bapak Nonot Harsono menyampaikan paparan terkait platform digitalacademy.id, sebuah wadah pengembangan SDM digital, dengan memfasilitasi magang untuk lulusan DTS, menyediakan modul bab khusus yang up-to-date seperti security awareness dan data science, dan menyediakan paket modul yang diadopsi dan modifikasi dari paket digital talent scholarship.

Program-program lainnya Menyelenggarakan FGD/seminar terkait Industry Policy dan Technology Update, IOT Conference & Exhibition MASTEL (partnership dengan Dyandra -Kompas Group), MASTEL goes to campus serta Rapat Kerja/HUT MASTEL.

Setelah penyampaian paparan, para perwakilan asosiasi mulai menyampaikan masukan-masukannya terkait usulan Program Kerja yang telah disampaikan. Selanjutnya masukan-masukan tersebut akan di finalisasi dalam Program Kerja MASTEL.(hh)