Fitur Baru Google Drive Bisa Backup Semua Isi Komputer

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Google merubah layanan Drive-nya menjadi sebuah alat backup yang handal. Nantinya, Google Drive dapat digunakan untuk memonitor dan membuat cadangan file dari direktori mana saja yang kita pilih. Jadi tidak hanya file-file yang berada di direktori Google Drive saja. Itu termasuk isi dari desktop, semua direktori dibawah Documents atau lokasi tertentu lainnya.

Seperti dilansir dari The Verge, fitur cadangan tersebut akan diluncurkan akhir bulan ini, tepatnya 28 Juni 2017. Dengan bentuk aplikasi baru bernama Backup and Sync. Kemungkinan besar aplikasi Backup and Sync akan menggantikan standar aplikasi Google Drive dan Google Photos Backup pada kasus-kasus tertentu.

Google merekomendasikan pada konsumen biasa untuk mengunduh aplikasi tersebut setelah diluncurkan. Namun, bagi para pengguna bisnis diharuskan menggunakan aplikasi Google Drive yang ada untuk saat ini.

Masih belum jelas bagaimana jumlah data yang nantinya dapat dicadangkan dengan adanya fitur backup tersebut. Pastinya kita akan tetap bisa membuka dan membuat perubahan pada tipe file-file yang umum dari Google Drive, ini seperti yang sudah kita lakukan saat ini.

Selain itu belum ada informasi mengenai kemampuan sinkronisasinya, apakah kita akan dapat melakukan sinkronisasi pada beberapa komputer dengan menggunakan Google Drive sebagai perantaranya.

Lagipula dengan adanya pembatasan limit sebesar 15 GB untuk akun gratis, akan membuat kapasitas yang disediakan tersebut akan menjadi cepat penuh. Walaupun demikin ini merupakan langkah pintar dari Google dan fitur yang ditawarkan pun cukup menarik.

Pernah juga ada permintaan untuk fitur yang sama kepada Dropbox dari para penggunanya. Malah permintaan ini sudah cukup lama sekali, tapi sampai saat ini belum ada realisasinya.

Dengan menggunakan Google Drive, pengguna akan meneruskan kebiasaan mereka untuk menyimpan file mereka secara langsung di lokal direktori. Bagi yang memerlukan fleksibilitas dalam melakukan sinkronisasi dengan menggunakan aplikasi untuk sinkronisasi file, maka Google Drive sepertinya akan menjadi pilihan terbaik bagi sebagian besar pengguna komputer atau perangkat mobile Android.(hh)