Fitur Baru WhatsApp ‘Sinkronisasi Riwayat Obrolan’

logo huawei

Aplikasi olah pesan milik Facebook mengatakan bahwa WhatsApp kali ini akan menambahkan fitur baru yang mendukung beberapa perangkat dengan riwayat obrolan tersinkronisasi di semua platformnya. Perubahan ini akan berjalan seiring dengan dukungan multi-perangkat dan diperkirakan akan hadir sebagai fitur dalam perangkat tertaut.

Dilansir dari situs web gizbot.com, WABetaInfo melaporkan bahwa WhatsApp sedang melakukan uji coba dengan menggunakan akun di beberapa perangkat, termasuk aplikasi iPad yang terpisah. WhatsApp saat ini mendukung banyak perangkat melalui WhatsApp Web, yang menghubungkan kembali ke akun mobile.

WABetaInfo menambahkan fitur sinkronisasi obrolan WhatsApp akan mulai menyinkronkan riwayat obrolan di seluruh platform untuk menyediakan dukungan di lebih dari satu perangkat. Ini akan membantu pengguna untuk berpindah dari satu perangkat ke perangkat lainnya secara seamless.

Hingga saat ini, pihak WhatsApp belum mengumumkan kapan fitur sinkronisasi riwayat obrolan dapat diluncurkan ke pengguna. Referensi yang didapatkan dari rilis beta, nama “Linked Devices” untuk fitur ini sudah dikonfirmasi.

Laporan tersebut mengklaim bahwa WhatsApp akan melangkah lebih jauh dengan memungkinkan sinkronisasi antar perangkat seluler, yang terpenting adalah WhatsApp akan membutuhkan koneksi Wi-Fi untuk menginisiasi dukungan untuk banyak perangkat karena dibutuhkan banyak sekali pembagian data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Saat data sudah dibagikan, koneksi internet tidak lagi diperlukan di perangkat utama kemudian untuk perangkat kedua dibutuhkan koneksi internet yang aktif. Jika ada perangkat yang dihapus atau diganti saat menggunakan multiple device support, maka obrolan yang aktif akan ternotifikasi sebagai perubahan kunci enkripsi, mirip dengan opsi mengganti nomor yang terdapat di WhatsApp yang memberitahu pengguna jika ada kontak yang mengganti nomornya.
WABetaInfo mengatakan bahwa WhatsApp sedang mengupayakan sinkronisasi lintas platform untuk riwayat obrolan pengguna iPad. Pengguna dapat menggunakan WhatsApp di iPhone dan iPad secara bersamaan. Demikian pula, sinkronisasi lintas platform disebut-sebut akan berfungsi antara perangkat seluler dan desktop.

WhatsApp kini memiliki 2 miliar pengguna dan telah memperkenalkan fitur untuk membatasi penerusan pesan viral dalam beberapa bulan terakhir.

WhatsApp juga menambahkan fitur pencarian minggu lalu untuk membantu pengguna menghilangkan kesalahan informasi yang dapat menyebar di layanan perpesanan.(na)