Foto Termahal di Dunia Seharga Rp 36.000 T!

logo huawei

Mungkin inilah salah satu foto termahal yang pernah ada di bumi. Foto yang terdapat Presiden Tiongkok, Xi Jinping yang tengah berkunjung ke Amerika Serikat untuk pertama kalinya ditaksir bernilai US$ 2,5 triliun atau mencapai Rp. 36.858 triliun!

Sebenarnya apa yang membuat selembar foto bisa memiliki harga selangit itu? Sebenarnya nilai yang dimaksud adalah nilai saham gabungan seluruh perusahaan teknologi yang pimpinannya ikut berfoto dengan Xi Jinping. Dalam foto tersebut tampak CEO dari perusahaan top di dunia seperti Mark Zuckerberg dari Facebook, Tim Cook dari Apple, hingga Jack Ma dari Alibaba.

Forbes menilai bahwa saham gabungan seluruh perusahaan perwakilan di barisan terdepan sudah bernilai 2,1 triliun dollar AS.

CEO Facebook Mark Zuckerberg tak tahan untuk menuliskan kesenangannya bertemu sang presiden Negeri Tirai Bambu.

“Ini adalah kali pertama saya bisa berbincang dengan pemimpin negara lain dalam bahasa asing. Ini adalah pencapaian personal,” ujar Zuckerberg di akun Facebook pribadinya.

Zuckerberg memang bisa berbahasa Mandarin. Sebab, istrinya Pricilla Chan adalah perempuan Tionghoa.

“Suatu kehormatan bertemu dengan Presiden Xi dan pimpinan lainnya,” lanjut Zuckerberg.

Di barisan pertama, Xi Jinping tampak didamping para CEO perusahaan digital terbesar dunia baik dari Tiongkok maupun Amerika Serikat. Disamping Xi Jinping terlihat CEO Microsoft, Satya Nadela serta Lu Wei yang merupakan eksekutif ternama Tiongkok.

Tampak terlihat juga CEO ternama AS seperti Tim Cook, Jeff Bezos dari Amazon. Zuckerberg sendiri terlihat berdiri paling ujung kiri dari foto tersebut.

Satu hal yang menarik dari foto termahal sejagat ini adalah tak adanya CEO perusahaan mesin pencari dunia, Google, Sundar Pichai. Wall Street Journal menyebutkan orang nomor satu Google ini tampaknya sengaja tak diundang meski memiliki ketertarikan besar berbisnis di Tiongkok.

Berikut daftar lengkap bos teknologi AS yang berfoto bersama dengan orang nomor satu di China ini.

Barisan pertama (paling bawah), dari kiri ke kanan:

Mark Zuckerberg, Chairman dan CEO Facebook; Richard Liu, Chairman dan CEO JD.com; John Chambers, Executive Chairman Cisco Systems; Jack Ma, Executive Chairman Alibaba Group; Virginia Rometty, Chairman IBM; Xi Jinping, Presiden Tiongkok; Satya Nadella, CEO Microsoft; Lu Wei, Direktur Cyberspace Administration of China; Tim Cook, CEO Apple; Pony Ma, Chairman dan CEO Tencent; dan Jeff Bezos, CEO dan President Amazon.

Barisan kedua (tengah), dari kiri ke kanan:

Charles Zhang, Chairman dan CEO Sohu; Lisa Su, CEO dan Presiden AMD; Yang Yuanqing, Chairman dan CEO Lenovo; Harry Shum, Executive Vice President bagian Teknologi dan Riset Microsoft; Steve Mollenkopf, CEO Qualcomm; Xiong Qunli, Chairman China Electronics Technology Group; Brian Krzanich, CEO Intel; Zhou Hongyi, CEO Qihoo 360; Reid Hoffman, Executive Chairman LinkedIn; dan Charles Chao, Chairman dan CEO Sina.

Barisan ketiga (paling atas), dari kiri ke kanan:

Li Jun, Presiden Sugon Information Technology Industry; Cheng Wei, CEO Didi Kuaidi; Tian Suning, Chairman China Broadband Capital Partners; Liu Liehong Presiden China Electronics; Zhang Yaqin, Presiden New Business Baidu; Jerry Yang, Founding Partner AME Cloud Ventures; Sun Pishu, Chairman dan CEO Inspur Group; Brian Chesky, CEO Airbnb; dan Neil Shen, Managing Partner Sequoia Capital China. [MFHP]