Gangguan Komputer Akibatkan Jalur Penerbangan Tanpa Pilot Selama Libur Natal

logo huawei

Sebuah kesalahan pada sistem penjadwalan membuat ribuan jalur penerbangan dari American Airlines (AAL.O) pada bulan Desember terjadwal tanpa adanya pilot. Sementara itu pihak serikat pilot mengatakan bahwa perusahaan penerbangan tersebut harusnya menyadari datangnya jadwal penerbangan tersibuk setiap tahunnya.

Pihak Allied Pilots Association memperkirakan lebih dari 15,000 jalur penerbangan dari tanggal 17 December sampai dengan 31 December terkena dampak gangguan pada sistem yang digunakan untuk para pilot memilih jadwal waktu penerbangan berdasarkan tingkat kesenioritasannya.

“Pada dasarnya ada sebuah krisis kekurangan pilot di American Airlines untuk mengawaki armada pesawatnya,” ujar Dennis Tajer, juru bicara dari Allied Pilots Association.

Pihak serikat mengatakan mereka tidak di informasikan mengenai adanya masalah dengan sistem tersebut.

“Kami telah menyiapkan pilot cadangan untuk membantu jalur penerbangan di bulan Desember dan kami membayar pilot yang mengambil jalur tertentu sebesar 150 persen dari jam kerja mereka, sebanyak yang telah ditentukan dalam kontrak,” ujar Matt Miller, juru bicara dari American Airlines.

Di dalam sebuah emailnya kepada para pegawai, American Airlines telah menawarkan bayaran tambahan bagi para pilotnya untuk bekerja pada jalur penerbangaqn tertentu selama musim liburan. Namun, pihak serikat malah mengajukan keluhan, karena adanya sejumlah pembatasan untuk biaya lemburan yang melanggar kontrak.

Pihak serikat juga mengatakan bahwa pihak management belum menyampaikan maksud untuk melakukan diskusi bagaimana mengatasi kekurangan tersebut.

Pihak American Airlines sendiri berharap untuk tidak membatalkan jalur penerbangan, karena hal ini tidak nyaman bagi para penumpang dan bisa mengakibatkan kerugian besar bagi maskapai itu sendiri.

Dalam skenario terbaik, biasanya biaya tenaga kerja kuartal terakhir akan meningkat akibat biaya tinggi yang harus dibayarkan kepada pilot – pilot untuk jalur penerbangan tersebut. Setelah itu beberapa bulan kemudian perpanjangan kontrak para pilot yang tentunya juga membuat gaji pilot akan naik termasuk para awak pesawat dan biasanya ini membuat nilai saham maskapai turun. Namun, sejauh ini saham dari American Airlines terlihat stabil pada perdagangan saham sore hari.(hh)

Sumber