Berikan Kemudahan, Gojek dan Line Berkolaborasi

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Perusahaan penyedia layanan yakni Gojek dan Line melakukan kerjasama strategis untuk menyediakan solusi transportasi lewat Line Business Connect. Layanan ini memungkinkan pengguna Gojek untuk dapat memesan langsung layanan Go-Ride dari aplikasi Line. Kolaborasi Line Business Connect dengan Gojek merupakan yang pertama kalinya di Indonesia. Sebagai bagian dari kolaborasi ini akan disediakan layanan solusi O2O (online to offline) yang membuat kegiatan bisnis menjadi lebih lancar dan terukur, dan memberikan banyak manfaat bagi kedua pihak, perusahaan penyedia dan pengguna layanan.

“Ini merupakan pertama kalinya Line memperkenalkan layanan Online to Offline (O2O) di Indonesia. Kami percaya ini akan menjadi sinergi yang positif, tidak hanya menguntungkan konsumen tetapi memberi lebih banyak manfat kepada mitra bisnis kami,” kata Direktur Senior Komunikasi Global Line Corporation Brian Lee di Jakarta (3/2).

Gojek Ingin Berikan Kemudahan

Sementara itu, CEO Gojek Nadiem Makarim mengatakan Gojek dan Line melihat peluang untuk berinovasi dan memberikan nilai tambah pada penggunanya dari kebiasaan dan kebutuhan orang Indonesia menggunakan layanan pesan dan transportasi.

“Kini seluruh pengguna Gojek yang memiliki aplikasi Line bisa memesan langsung layanan Gojek dari aplikasi Line. Ini tentunya akan melahirkan layanan yang lebih baik bagi pengguna kami. Kolaborasi ini juga merupakan bukti komitmen Gojek dan Line sebagai perusahaan teknologi untuk terus menembus batasan-batasan inovasi,” ujar Nadiem.

Kolaborasi antara Gojek dan Line ini menurut Nadiem, bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Line memang merupakan aplikasi chatting yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tentu banyak pula pelanggan Gojek yang memiliki Line di smartphonenya. Lewat kerjasama inilah nantinya pelanggan yang sedang menggunakan aplikasi Line dan ingin memesan layanan Gojek, tidak perlu lagi menutup Line terlebih dahulu, namun langgung memesannya lewat aplikasi ini.

“Kini seluruh pengguna Gojek yang memiliki aplikasi Line bisa memesan langsung layanan Gojek dari aplikasi Line,” katanya.

Pemesanan layanan Gojek via Line bisa dilakukan dengan mencari akun Gojek Official di Line lalu melakukan pendaftaran. Sementara pengguna yang sudah memiliki akun di aplikasi Gojek bisa langsung melakukan pemesanan. Namun, pemesanan lewat Line ini tidak memungkinkan pengguna dan pengendara terhubung lewat Line. Karena untuk chatting dan free call untuk saat ini masih belum tersedia. Gojek, yang kini melibatkan 200.000 pengemudi, akan memberikan tumpangan gratis dan masker istimewa bergambar karakter Line bagi pengguna jasa yang pertama kali memesan melalui Line. Layanan itu bisa di kota-kota layanan Gojek seperti Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, Makassar, Yogyakarta, Palembang, Semarang, Medan, dan Balikpapan.

Targetkan 30 Juta Pengguna Tambahan

Gojek menargetkan tambahan 30 juta pengguna dari kerjasamanya bersama Line.

“Ini merupakan usaha pemasaran dan pengembangan bisnis kami. Diharapkan akan terus menambah jumlah pengguna Line dan Gojek. Kami menargetkan bertambahnya 30 juta pengguna Gojek dari pengguna aktif Line,” jelas Chief Brand Director PT Gojek Indonesia Michelangelo Moran.

Menurutnya, sejak dirilis dari 11 januari hingga 3 Februari lalu, pemesanan Gojek lewat aplikasi Line tersebut sudah mencapai 15.000 pemesanan. Michelangelo pun optimis bahwa angka tersebut akan terus bertambah karena Line merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kebiasaan masyarakat Indonesia dalam menggunakan layanan pesan instan serta kebutuhan mereka yang tinggi kepada transportasi yang mudah dan murah juga akan berpengaruh terhadap meningkatnya jumlah pemesanan Gojek lewat Line. [MFHP]