Google Duo Rilis Fitur Berbagi Layar di Video Call

logo huawei

Google secara resmi telah meluncurkan fitur baru berbagi layar atau screen sharing untuk video call-nya yaitu Duo. Fitur ini memungkinkan pengguna berbagi layar dan tidak perlu mengaktifkan aplikasi lain atau memilih layanan lain jika pengguna perlu menunjukkan file seperti presentasi maupun dokumen. Tak hanya itu, pengguna juga dapat membuka dan menjalankan aplikasi lain ketika video call.

Dilansir dari situs engadget.com, raksasa teknologi dan internet ini mengumumkan fitur berbagi layar dalam sebuah postingan yang menyoroti enam fitur Android terbaru. Android Police pertama kali melaporkan kedatangan fitur tersebut pada bulan September setelah Google men-tweet tentangnya, namun saat itu Google dengan cepat menghapus tweet-nya. Fitur ini kembali dirilis untuk perangkat Android.

“Bagikan lebih banyak momen dengan teman Anda di Google Duo. Sekarang Anda dapat menggunakan berbagi layar untuk menjelajahi foto dan video bersama-sama, dan merencanakan aktivitas sambil melakukan video call. ” tulis Google.

Jika pengguna ingin menggunakan fitur berbagi layar, pengguna dapat mengakses opsi bawah di tengah panggilan dan memilih Berbagi Layar. Google akan memberikan peringatan tentang kemungkinan akan menunjukkan informasi sensitif di layar perangkat milik pengguna jika Anda satu-satunya yang berbagi layar.

Pengguna yang sedang berbagi layar tidak dapat melihat lawan bicara di layar saat berbagi layar dimulai, dan satu-satunya indikasi bahwa pengguna masih melakukan panggilan dan fitur tersebut aktif adalah ikon di bilah status atau pemberitahuan yang bertuliskan “Ongoing Screen Sharing”.

Fitur berbagi layar belum tersedia di semua perangkat, meskipun pada akhirnya fitur ini dapat digunakan di lebih banyak ponsel Android di masa mendatang.

Google telah mengumumkan bahwa aplikasi ponsel pintar sekarang kompatibel dengan lebih banyak perangkat. Aplikasi yang dulunya eksklusif Pixel, kini mulai menyebar ke lebih banyak merek dan model Android. Saat ini sudah tersedia untuk sebagian besar perangkat yang menjalankan Android 9 atau lebih tinggi, lebih banyak orang dapat memanfaatkan fitur anti-spam.(na)