Google Perbarui Layanan Drive dan Docs Agar Mudahkan Pengguna

logo huawei

Google mengumumkan pembaruan yang direncanakan pada aplikasi Docs, Drive, dan Sheets yang dirancang agar berbagi file tidak lagi membingungkan.

Ketika Anda mengklik tombol bagikan, kotak yang muncul memiliki perbedaan yang jelas antara file tersebut dibagikan melalui direktori dari kontak Anda atau rekan kerja dan izin yang dimiliki tautan tersebut.

Dilansir dari situs web TheVerge.com, sebelumnya ‘share window’ menggabungkan dua opsi dalam satu jendela dengan tombol copy link yang berlebihan, tombol “get shareable link” serta menu drop-down untuk mengubah izin dari edit ke komentar kemudian ke view.

Pembaruan tersebut membuat lebih jelas ketika Anda sedang memilih untuk berbagi dengan siapa, kemudian mengharuskan Anda untuk mengklik jendela izin untuk memutuskan apa yang sebenarnya dapat dilakukan oleh orang yang memiliki akses. Sekarang juga ada perbedaan yang lebih jelas antara berbagi dengan individu dan berbagi dengan kelompok.

Tujuannya adalah agar pengguna tidak lagi merasa bingung saat berbagi file dengan izin yang tidak disengaja dan untuk mengurangi risiko memberikan akses ke pengguna yang tidak diinginkan. Hal ini menjadi kekhawatiran ketika kerja jarak jauh dan kolaborasi virtual berada di sepanjang waktu.

“Berbagi file sangat penting untuk kolaborasi. Terutama saat ini, karena ada lebih banyak yang bekerja dari jauh dan berkolaborasi pada file dari lokasi berbeda. Kami membuatnya agar pengguna lebih mudah untuk berbagi file dengan orang-orang tertentu, kami berharap dapat meningkatkan kolaborasi sekaligus mengurangi risiko akses oleh pengguna yang tidak diinginkan,” jelas Google dalam postingan blognya.

“Kami telah membuat beberapa perubahan. Ini membuatnya lebih mudah untuk melakukan tugas-tugas umum, menghindari perubahan izin yang tidak disengaja, dan dengan cepat melihat siapa yang memiliki akses ke file,” tambahnya.

Pembaruan ini akan diluncurkan secara bertahap sekitar dua minggu mulai 28 April untuk pelanggan perusahaan G Suite dan sekitar dua minggu mulai 26 Mei untuk pengguna versi standar. Pembaruan akan tersedia untuk pelanggan G Suite dan bagi mereka yang memiliki akun Google pribadi.(na)