Google Rilis Aplikasi Untuk Bantu Anak-Anak Belajar Membaca

logo huawei

Salah satu yang terkena dampak pandemi Covid-19 ialah pelajar, mereka melakukan kegiatan belajar dari rumah untuk menekan angka penularan Covid-19. Guna membantu anak-anak belajar dari rumah, Google merilis aplikasi bernama Read Along yang dapat membantu dan mengajarkan keterampilan membaca kepada siswa sekolah dasar.

Dilansir dari situs web Theverge.com, aplikasi Read Along menggunakan text-to-speech milik Google dan teknologi speech recognition untuk memberikan umpan balik ketika anak-anak mendalami petunjuk baca dan permainan yang ada di aplikasi.

Read Along kini tersedia lebih dari 180 negara termasuk Indonesia. Tak hanya itu aplikasi ini tersedia dalam sembilan bahasa, termasuk Inggris, Spanyol, Portugis, dan Hindi. Read Along pertama kali diluncurkan sebagai aplikasi bernama Bolo di India pada Maret 2019.

Anak-anak akan dipandu saat menggunakan Read Along dengan bantuan “Teman dan Aplikasi”. Google mengatakan aplikasi ini akan memberikan umpan balik yang positif dan ditingkatkan fitur-fiturnya sepanjang jalan sama seperti yang dilakukan orang tua dan guru.

“Anak-anak dapat mengetuk Diya kapan saja untuk membantu mengucapkan kata atau kalimat,” jelas Google.

Pengguna dapat mengakses semua konten di aplikasi ini tanpa koneksi internet, meskipun demikian pengguna harus sesekali menghubungkannya ke Wi-Fi hanya untuk memperbarui kontennya agar anak-anak dapat menyelesaikan tugasnya. Google juga menambahkan aplikasi Read Along untuk menggunakan fitur sign-in, tidak memiliki iklan dan tersedia secara gratis.

Karena pandemi COVID-19 telah memaksa siswa untuk tinggal di rumah dari sekolah, Google juga telah memperluas akses gratis ke beberapa fitur Google Meet yang canggih untuk pelanggan G Suite dan G Suite for Education hingga 30 September dan menyumbangkan 4.000 Chromebook kepada siswa pedesaan di California, dan meluncurkan halaman sumber daya untuk membantu guru dan keluarga mendidik siswa menggunakan produk Google.(na)