Google Segera Rilis Pesaing AirDrop

logo huawei

Setelah berbulan-bulan banyak kabar yang beredar, Google akhirnya mengkonfirmasi bahwa fitur “Nearby Share” milik mereka akan segera dirilis. Ini merupakan pesaing dari fitur serupa “Airdrop” milik Apple. Saat ini beberapa pengguna Android sudah mencoba versi beta dari fitur tersebut.

“Kami saat ini sedang menguji versi beta dari fitur Nearby Share yang akan segera kami bagikan informasi terbarunya dalam waktu dekat,” ujar Google kepada pada Android Police.

“Tujuan kami adalah merilis fitur tersebut ke perangkat Android versi 6 keatas dan juga ke beberapa platform lain,” tambah Google.

Dilansir dari situs web TheVerge.com, fitur akan mulai muncul di Chrome OS Canary Builds pada awal bulan ini. Fitur ini nantinya akan berfungsi pada Chromebook.

Nearby Share akan berfungsi sebagai AirDrop versi Android. Pengguna dapat menggunakannya secara cepat dan nirkabel mentransfer file dengan ponsel Android terdekat. Android Police mengatakan sudah mencoba fitur ini dan menyebutkan bahwa fitur ini akan berfungsi untuk foto, video dan tautan.

Nearby Share mungkin tampak sedikit berbeda tergantung pada jenis konten yang akan bagikan. Pada beberapa kasus, muncul sebagai aplikasi di daftar aplikasi pada lembar berbagi, tetapi juga bisa muncul pengingat yang lebih kecil tepat di bawah pratinjau konten.

Ini seperti yang terjadi pada kebocoran video di Android 11 sebelumnya. Pihak Google telah mengujinya pada Pixel 4 XL dan Pixel 3a yang menjalankan Android 10, tetapi tampilannya juga dapat bervariasi pada versi Android lainnya.

Per Android Police menambahkan pengguna tidak dapat menggunakan Nearby Share untuk mengirim file kepada orang asing. Pengguna harus mengaktifkan fungsi dan membuat ponsel mereka “terlihat” dengan mengakses Quick Settings sebelum dapat menerima konten, dan mereka harus secara manual mengonfrimasi penerimaan sebelum file tersebut dapat dibuka.

Samsung juga sedang mengembangkan fitur serupa yang dinamakan Quick Share, yang memungkinkan pengguna mengirim file ke 5 orang dalam sekali pengiriman. Namun keuntungan dari Nearby Share adalah fitur ini akan berfungsi di produk Android dari semua brand apapun, sedangkan Quick Share hanya bisa digunakan di perangkat Samsung.(na/hh)