Indosat Siapkan Investasi Awal Untuk Startup di Tanah Air

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Indosat meluncurkan Ideabox Ventures yang bertempat di Kantor Pusat Indosat Ooreedo di Jakarta. Kurang lebih hampir tiga tahun program akselerator Ideabox berjalan. Guna meningkatkan level dari ajang tersebut, Indosat Ooreedo menjadikannya tempat untuk joint venture bagi para penyandang modal. Seperti diberitakan oleh detik INET, Kamis, 24 November 2016.

Ideabox Ventures sendiri merupakan hasil kerja sama antara Indosat dengan Kejora dan Mointain Partner. Dimana dengan hadirnya Ideabox Ventures bisa juga turut membesarkan industri digital di Indonesia.

“Kami dapat melakukan lebih besar lagi. Sehingga dukungan ke startup pun jadi lebih lama hingga sampai ke next stage,” ujar Alexander Rusli, CEO dan President Indosat Ooredoo seperti dikutip dari detik INET.

Melalui Ideabox Ventures jumlah dana untuk investasi yang telah disiapkan juga lebih besar dibandingkan dengan program Ideabox. Dimana dana tersebut akan digunakan untuk di investasikan pada startup.

“Kalo di Ideabox, kami hanya bisa mengucurkan USD 50 ribu. Sementara lewat Ideabox Ventures, kami menyediakan dana hingga USD 500 ribu atau Rp 6,7 miliar. Baik melalui venture capital fund ataupun dukungan lain, di antaranya konsultasi strategi dan komersial,” jelas Alex.

Sementara itu Andy Zain selaku Managing Director Kejora juga memberikan penjelasan bahwa Ideabox Ventures akan memilih 6 hingga 8 startup setiap tahunnya. Bagi startup yang telah dipilih, selanjutnya akan dapat turut serta dalam program bimbingan dengan waktu sekitar 120 hari.

“Kami sediakan segala macam kebutuhannya, mulai dari tempat kerja hingga infrastruktur jaringan,” ujar Andy kepada detik INET.

Andy juga menjelaskan bahwa program Ideabox akan terus dilanjutkan, karena program tersebut sudah berjalan selama tiga tahun. Pada penyelenggaraan periode keempat startup yang dipilih akan berasal dari seluruh Indonesia.

“Startup yang terpilih nanti akan mendapatkan dana investasi awal USD50 ribu. Mereka akan mempresentasikan model bisnisnya selama lebih dari 120 hari dengan dukungan dan mentoring dari Indosat, Mountain Partners, dan Kejora,” tutup Andy.(hh)