Ingin Belajar tentang AI dan Machine Learning? Coba Cek 7 Situs Web Ini

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Saat ini kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (Machine Learning) merupakan kedua hal yang sangat popular. Bahkan kedua bidang tersebut bisa menjadi sebuah karier. Namun, sebelum kita menentukan kedua bidang ini sebagai karir, ada baiknya mencari tahu apa itu kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin.

Ada beberapa tempat yang dapat kita gunakan untuk pelajari tentang kecerdasan buatan secara online dan gratis. Misalnya saja, banyak universitas teknologi terkemuka di dunia yang telah mengunggah konten mengenai kecerdasan buatan di tonton secara gratis di YouTube.

Selain itu kita juga dapat mempertimbangkan mengikuti kursus online gratis terkait kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin. Berikut ini situs-situs web yang menyediakan kursus untuk kedua topik tersebut.

1. Kursus Kecerdasan Buatan oleh EdX

EdX terkenal karena kursusnya yang mendalam dan mudah diikuti. Kursus mereka tentang Kecerdasan Buatan adalah kursus online gratis.

Tahap berikutnya dibuka pada September 2019 jadi jika tertarik kita dapat seger mendaftar.

Kursus ini mencakup topik tentang aplikasi AI seperti robotika dan NLP, algoritma pembelajaran mesin (cabang AI), struktur data, game, dan masalah kendala kepuasan.

Kursus ini akan berlangsung selama 12 minggu dan merupakan tutorial tingkat lanjut dari Universitas Columbia. Walaupun gratis kita juga bisa mendapatkan sertifikat resmi dengan tambahan biaya.

2. Pengantar Kecerdasan Buatan oleh Audacity

Kursus dari Audacity ini akan membantu mengajarkan kita beberapa dasar dasar Kecerdasan Buatan. Ini merupakan bagian dari seri mereka pada Program Nanodegree Machine Learning Engineer dan juga mencakup banyak aplikasi.

Kursus ini dipandu oleh Sebastian Thrun dan Peter Norvig yang akan membantu kita memahamilui hal-hal seperti jaringan Bayes, statistik, dan pembelajaran mesin serta aplikasi AI seperti NLP, robot, dan pemrosesan gambar.

Sebelum memulai kursus kursus ini, peserta kursus diharapkan telah memiliki dasar dalam aljabar linier dan teori probabilitas.

3. Kursus Kecerdasan Buatan: Prinsip dan Teknik oleh Stanford University

Kursus gratis dari Stanford University ini menawarkan kepada peserta kursus kesempatan untuk belajar tentang bagaimana AI menggunakan alat matematika untuk menangani masalah yang kompleks. Ini termasuk hal-hal seperti terjemahan mesin, pengenalan suara dan wajah, dan mengemudi secara otonom.

Seri kuliah komprehensif ini dapat dilihat secara online dan mencakup:

  • Konsep pembelajaran mesin
  • Tree search
  • Pemrograman dinamis
  • Heuristik
  • Bermain game
  • Proses pengambilan keputusan Markov
  • Kendala masalah kepuasan
  • Jaringan Bayesian
  • Logika

Kursus ini juga dilengkapi dengan tugas-tugas untuk menguji pengetahuan peserta kursus. Untuk mengikuti kursus ini. Peserta kurses dianjurkan telah memiliki dasar dalam pemrograman, matematika diskrit, dan probabilitas.

4. Kursus Kecerdasan Buatan Udacity untuk Robotika oleh Georgia Tech

Ini adalah kursus lain yang ditawarkan oleh Audacity, kursus ini membahas bagaimana mobil robot diprogram oleh Stanford dan Google.

Kursus ini juga merupakan bagian dari kursus Deep Learning Nanodegree Foundation yang disebutkan sebelumnya.

Kursus ini, juga di pandu oleh Sebastian Thrun yang akan berbicara tentang pelokalan, filter Kalman dan Partikel, kontrol PID, dan SLAM.

Seperti kursus lain di atas, peserta kursus diharapkan telah memiliki dasar-dasar dalam konsep matematika seperti aljabar linier dan probabilitas. Jika peserta kursus memiliki pengetahuan tentang Python, dan pengalaman pemrograman, maka akan sangat membantu.

5. Kursus Pembelajaran Mesin oleh Stanford University melalui Coursera

Universitas Stanford terkenal dengan kualitas pendidikannya yang tinggi, dan dengan kursus Pembelajaran Mesinnya telah diadakah secara rutin dan menerima ulasan serta peringkat yang bagus dikarenakan silabusnya tepat.

Kursus ini diajarkan oleh Andrew Ng yang telah mendirikan Google Brain dan ia juga adalah mantan kepala ilmuwan di Baidu. Kursus ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2011 dan mencakup telah mencakup cukup banyak aspek alur kerja pembelajaran mesin.

Kursus ini gratis dan membutuhkan sekitar 5 sampai dengan 7 jam seminggu untuk menyelesaikannya. Dengan tambahan biaya peserta kurss dapat menerima sertifikat.

6. Kursu Pengenalan Pembelajaran Mesin oleh Udacity

Kursus pembelajaran mesin lainnya dapat kita pelajari secara gratis dari Udacity. Menurut hackerearth.com, ini merupakan rekomendasi yang kedua setelah kursus Stanford di atas.

Kursus ini merupakan bagian dari Nanodegree Analis Data Udacity dan membutuhkan waktu selama sekitar 10 minggu. Kursus ini akan mengajarkan peserta kursus semua yang perlu di ketahui untuk menangani set data menggunakan teknik pembelajaran mesin.

Kursus ini diajarkan oleh Sebastian Thrun dan Katie Malone. Peserta kursus diharapkan telah mengetahui beberapa konsep statistik dasar dan Python.

7. Kursus Pengenalan Pembelajaran Mesin oleh EdX

Kursus Pembelajaran Mesin dari EdX ini adalah kursus online ketujuh dan yang terakhir. Kursus ini diajarkan oleh Yaser S. Abu-Mostafa, Profesor Teknik Listrik dan Ilmu Komputer di California Institute of Technology.

Melalui kursus gratis ini peserta kursus akan memahami prinsip-prinsip teoritis dasar, algoritma, dan aplikasi Machine Learning serta membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 20 jam seminggu untuk menyelesaikannya dalam waktu 10 minggu.

Sumber