Ini Dia Versi Baru Wi-Fi

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Menurut laporan terbaru, Wi-Fi Alliance, organisasi yang bertanggung jawab untuk menetapkan standar Wi-Fi, baru-baru ini telah mengumumkan generasi baru untuk jaringan nirkabel.

Generasi baru dari jaringan nirkabel tersebut adalah Wi-Fi 6. Ini bukanlah teknologi yang belum terungkap, karena hanya penyederhanaan nama 802.11ax, yang diharapkan akan masuk pasar pada 2019.

Sepertinya Wi-Fi Alliance sedang mencoba menyederhanakan banyak hal. Alih-alih mempertahankan nama teknis 802.11a / b / g / n / ac / ax, yang tidak semua orang memahaminya, mereka memutuskan untuk mengadopsi penamaan berurutan, yang menunjukkan generasi pola. Versi Wi-Fi sebelumnya juga telah secara resmi diganti namanya, jadi jangan heran jika kita nantinya menemukan nama-nama ini di router baru: –

  • Wi-Fi 1: 802.11b (1999)
  • Wi-Fi 2: 802.11a (1999)
  • Wi-Fi 3: 802.11g (2003)
  • Wi-Fi 4: 802.11n (2009)
  • Wi-Fi 5: 802.11ac (2014)

Menurut Wi-Fi Alliance, dengan adanya standar penamaan baru tersebut akan membantu industri dan pengguna lebih mudah memahami generasi Wi-Fi yang didukung oleh perangkat atau koneksi mereka. Organisasi ini telah bekerja dengan produsen perangkat dan sistem operasi untuk memasukkan terminologi baru ke dalam antarmuka pengguna.

The 802.11ax sekarang dikenal sebagai Wi-Fi 6, memiliki kapasitas maksimum teoritis 14 gigabit per detik dan dapat beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz (tidak seperti Wi-Fi 5, yang hanya bekerja pada 5 GHz). Sehingga dapat membagi setiap saluran menjadi ratusan sub-saluran dengan frekuensi yang sedikit berbeda serta meningkatkan kecepatan transmisi dan memungkinkan router terhubung ke lebih banyak perangkat secara bersamaan.

Wi-Fi Alliance bahkan ingin melihat branding ini lebih dari sekedar perangkat keras. Jadi apabila nanti terhubung ke jaringan Wi-Fi di ponsel atau laptop, perangkat akan menginformasikan versi Wi-Fi apa yang tersambung. Dengan begitu, jika dua jaringan tersedia, satu jaringan menunjukkan “4” dan lainnya menunjukkan “5”, sehingga pengguna dapat memilih opsi yang lebih baru dan lebih cepat.

Perangkat Wi-Fi 6 pertama diharapkan akan disertifikasi pada tahun 2019. Namun tentu saja akan membutuhkan waktu beberapa bulan untuk produk bersertifikasi dapat memasuki pasar. Selain pada router, smartphone atau notebook juga akan kompatibel, sehingga dapat memanfaatkan standar baru tersebut.(hh)

Sumber