Ini Penguji Kecepatan Internet Yang Harus Anda Gunakan

logo huawei

Anda mungkin berpikir bahwa kecepatan koneksi yang dijanjikan dalam paket internet rumah Anda adalah apa yang Anda dapatkan secara konsisten, tetapi itu tidak benar. Sebagai permulaan, kecepatan unggah dan unduh Anda akan menurun seiring dengan jangkauan saat Anda terhubung secara nirkabel melalui Wi-Fi. Kecepatan juga dapat melambat atau berfluktuasi selama masa penggunaan puncak, dan kecepatan tersebut dapat menurun jika penyedia Anda memberlakukan pembatasan data atau membatasi koneksi untuk mempertahankan kinerja jaringan secara keseluruhan.

Untungnya, ada cara mudah untuk mengawasi kecepatan internet rumah Anda, yaitu dengan menggunakan alat untuk mengetes kecepatan internet. Anda memiliki banyak opsi online gratis untuk dipilih, bahkan Anda mungkin dapat menjalankannya dari aplikasi yang sama dengan yang Anda gunakan untuk menyiapkan router. Dalam kebanyakan kasus, menjalankan tes semudah menekan “Go” dan tidak akan memakan waktu lebih dari satu menit.

Menurut cnet.com, alat untu mengetes kecepatan internet yang baik akan memudahkan untuk melihat kecepatan unduhan Anda saat ini, kecepatan unggah dan latensi (atau ping) untuk perangkat apa pun yang Anda gunakan untuk menjalankan pengujian. Tetapi dengan begitu banyak opsi yang menjanjikan untuk melakukan hal itu, mana yang harus Anda percayai dan gunakan? Berikut beberapa penguji kecepatan internet yang anda bisa gunakan:

  1. Ookla
    Salah satu favorit kami adalah tes kecepatan Ookla, yang memiliki reputasi kuat untuk konsistensi dan sebagai salah satu tes kecepatan pertama di web. Selain popularitasnya, kami menyukai Ookla karena memiliki semua yang dibutuhkan pengguna dasar dari tes kecepatan: akurasi, kemampuan untuk melihat riwayat tes kecepatan Anda (jika anda menggunakan akun), beragam server untuk terhubung, dan bahkan aplikasi praktis untuk pengujian kecepatan dari perangkat Android atau iOS Anda.
  2. Fast.com
    Fast.com adalah tes broadband hebat lainnya, dan antarmukanya sangat sederhana dan semudah yang didapat. Namun, salah satu keuntungan terbesarnya adalah platform ini dimiliki oleh Netflix. Itu mungkin tampak aneh pada awalnya, tetapi sebenarnya itulah yang membuatnya menjadi pilihan yang bagus untuk streamer online, karena tes ini terstruktur untuk memeriksa apakah koneksi Anda cukup kuat untuk melakukan streaming Netflix dalam resolusi maksimum tanpa buffering.
  3. Tes Kecepatan Internet M-Lab
    Tak satu pun dari tes kecepatan ini sulit digunakan, tetapi Tes Kecepatan Internet M-Lab mungkin yang paling mudah ditemukan. Kependekan dari Measurement Lab, tes M-Lab open-source dikembangkan oleh sekumpulan ilmuwan komputer dan peneliti akademis dengan dukungan Google, dan tes ini adalah tes yang muncul setiap kali Anda mengetik tes kecepatan internet ke dalam bilah pencarian Google. Cukup klik tombol biru JALANKAN UJI KECEPATAN untuk melihat kecepatan unduh, kecepatan unggah, dan latensi Anda dalam hitungan detik.
  4. Speedof.me
    Jika Anda mencari tes yang menawarkan tampilan tidak hanya pada kecepatan, tetapi juga konsistensi, Speedof.me adalah cara yang tepat. Mirip dengan Ookla, antarmuka pengujian melakukan pekerjaan yang baik untuk menunjukkan fluktuasi kecepatan unggah dan unduh Anda. Seiring waktu, hal itu dapat memudahkan Anda untuk mengenali ketika ada sesuatu yang salah dengan koneksi Anda, terutama karena Speedof.me memungkinkan Anda membandingkan hasil Anda dengan pengujian sebelumnya. Situs web ramah selulernya juga bagus untuk menjalankan tes di ponsel Anda, memungkinkan Anda melakukan tes kecepatan cepat saat bepergian tanpa mengunduh aplikasi.
  5. Testmy.net
    Testmy.net adalah tes kecepatan internet yang berjalan sepenuhnya pada HTML5 dan PHP. Artinya adalah tidak memerlukan perangkat lunak pihak ketiga seperti Java atau Flash untuk menjalankan pengujian Anda, yang dapat menghasilkan hasil yang lebih akurat. Itu juga menjadikannya alat yang berguna untuk membandingkan kinerja antara browser yang berbeda. Anda juga dapat membuat akun untuk melacak kecepatan internet Anda untuk referensi atau perbandingan di masa mendatang.(ra/hh)
%d bloggers like this: