Inilah Alasan Mengapa Anda Membutuhkan Pengelola Kata Sandi

logo huawei

Kedengarannya merepotkan, tetapi setiap akun Anda memerlukan kata sandi unik yang dibuat dari huruf besar dan kecil, angka, dan simbol. Meskipun mudah di hafal, tetapi menggunakan satu kode yang mudah diingat untuk semua akun Anda dapat membahayakan keamanan online Anda, dan tidak seorang pun ingin menjadi sasaran empuk bagi penjahat siber.

Pengelola kata sandi adalah alat vital yang dapat membantu Anda tetap aman saat online dan lebih aman secara digital dengan menyederhanakan langkah-langkah untuk menggunakan kata sandi yang kuat. Dan mereka lebih mudah digunakan daripada yang Anda kira.

Menurut cnet.com, pengelola kata sandi adalah layanan online yang menyimpan kata sandi Anda serta data lain seperti nomor kartu kredit, informasi rekening bank, dan dokumen identifikasi di lingkungan yang diamankan melalui enkripsi tingkat militer.

Kebiasaan kata sandi yang buruk berbahaya bagi keamanan digital Anda. Menggunakan kata sandi yang lemah membuat akun Anda mudah diretas, dan menggunakan kembali kata sandi yang lama akan membuat Anda terbuka terhadap serangan isian kredensial yang dapat membahayakan akun yang memiliki kata sandi yang sama.

Namun dengan pengelola kata sandi, Anda hanya perlu mengingat satu kata sandi utama, dan pengelola kata sandi akan mengurus sisanya. Dengan pengelola kata sandi, ia memungkinkan Anda membuat kata sandi yang kuat dan unik untuk setiap akun online Anda. Jika Anda tidak yakin cara membuat kata sandi yang kuat, atau jika Anda tidak ingin membuatnya sendiri, pengelola kata sandi dapat membuatkan sandi untuk Anda. Banyak pengelola kata sandi juga menyertakan fitur yang menganalisis kata sandi Anda saat ini dan memberi tahu Anda mana yang lemah atau digunakan kembali dan perlu diubah.

Pengelola kata sandi Anda juga dapat membantu Anda melawan penipuan phishing. Bahkan jika upaya phishing menipu Anda untuk mengklik tautan berbahaya, itu tidak akan menipu pengelola kata sandi. Pengelola kata sandi Anda akan mendeteksi bahwa URL berbeda dari situs yang biasa Anda masuki.

Jika Anda khawatir tentang menyimpan semua jenis informasi sensitif di satu tempat, Anda tidak perlu khawatir. Pengelola kata sandi teratas menggunakan pendekatan tanpa pengetahuan untuk mengamankan kata sandi Anda dan informasi lain yang Anda simpan di dalamnya. Artinya bahkan pengelola kata sandi itu sendiri tidak dapat mengakses kata sandi Anda atau data lain, karena semuanya dienkripsi sebelum meninggalkan perangkat Anda. Dan jika pengelola kata sandi Anda tidak dapat mengakses data Anda, maka orang lain juga tidak.(ra/hh)

%d bloggers like this: