Inilah Ponsel Pintar Dengan Teknologi 5G Pertama Di Dunia

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Saat ini kita sedang berada di dunia teknologi 4G. Dengan teknologi ini kita akan dapat mengakses internet dengan kecepatan tinggi. Menggunakan teknologi 4G, mampu menghadirkan kemampuan kecepatan download hingga 100 Mbps. Namun, berita mengenai teknologi 5G saat sudah menyebar cepat di internet.

Untuk teknologi 5G sendiri diperkirakan akan siap digunakan pada tahun 2020. Baru-baru ini ZTE telah memperlihatkan sebuah ponsel yang mampu menggunakan teknologi 5G, yang memiliki kecepatan download hingga 1 GB per second. Ponsel berteknologi 5G tersebut dipamerkan oleh ZTE pada kegiatan Mobile World Congrees (MWC) Barcelona.

Gigabit ponsel yang dipamerkan oleh ZTE tersebut merupakan ponsel pintar pertama yang mendukung teknologi 5G. Dimana kemampuan kecepatannya telah sepuluh kali lipat melebihi kemampuan yang dimiliki oleh teknologi 4G.

Ponsel Gigabit buatan ZTE tersebut menggunakan Qulcomm Snapdragon 835 sebagai otaknya dan memiliki fitur X16 LTE Modem. Pengguna dapat mengambil foto pemandangan dengan menggunakan 360 derajat panoramic Virtual Reality serta pengunduhan super cepat untuk Hi-Fi music dan video-video.

Selain itu ponsel tersebut didukung dengan teknologi antenna 4×4 MIMO dan modulasi 256-QM untuk menghadirkan kecepatan yang saat ini belum tersedia dikebanyakan router yang digunakan di perumahan.

“Dengan perangkat baru ini, cara pengguna terkoneksi akan berubah. Memfokuskan diri pada teknologi 5G ada merupakan prioritas utama dari pengembangan global ZTE,” ujar juru bicara pihak ZTE.

Pihak ZTE belum menjelaskan kapan ponsel tersebut secara resmi akan diluncurkan. Apalagi saat ini penggunaan teknologi 5G sendiri belum diaplikasikan di secara global. Jadi kemungkinan akan membutuhkan waktu lama untuk melihat ponsel besutan ZTE itu hadir di pasar ponsel.

Apalagi saat ini banyak perusahaan teknologi yang juga tengah mengembangkan produk yang akan kompatibel dengan Teknologi 5G. Karena dengan kecepatan yang mampu dihadirkan oleh teknologi ini, maka melakukan streaming film dan TV dapat dilakukan langsung melalui ponsel.(hh)