Instagram Rilis Fitur Mirip TikTok

logo huawei

Instagram dikabarkan tengah menyiapkan fitur baru yang akan menyaingi TikTok. Layanan tersebut juga rencanaya akan rilis di Amerika Serikat dan lebih dari 50 negara dalam beberapa minggu kedepan Hal dikonfirmasikan pihak Instagram kepada TechCrunch bahwa fitur tersebut akan diluncurkan pada awal bulan Agustus di Amerika Serikat.

Dilansir dari situs web TheVerge.com, Instagram meluncurkan fitur baru bernama Reels. Reels disebut-sebut akan menjadi pesaing TikTok, pasalnya pengguna bisa menggunakan fitur ini untuk membuat video pendek berdurasi 15 detik dan dapat ditambahkan dengan musik latar.

Tak hanya itu, Instagram juga menyediakan beragam daftar lagu dari banyak genre untuk fitur ini. Pengguna juga bisa meminjam lagu dari musik pengguna lain untuk dimasukkan kedalam konten. Fitur Reels tersedia untuk pengguna Android dan iOS, namun hanya dibeberapa negara termasuk India dan Brazil.

Fitur Instagram Story yang dirilis beberapa waktu lalu merupakan bentuk replica dari fitur popular Snapchat. Hal itu menyebabkan pertumbuhan ekslusif untuk Instagram. Melihat pesatnya pertumbuhan aplikasi TikTok, Instagram berharap dapat mencapai prestasi yang sama.

Sebelumnya Facebook perusahaan induk Instagram pernah merilis aplikasi serupa yang bernama Lasso. Aplikasi ini memiliki kualifikasi yang sama dengan TikTok dan dirilis pada awal tahun di Meksiko. Negara Meksiko dipilih karena belum dijangkau TikTok.

“Jadi kami memiliki sejumlah pendekatan yang harus diambil untuk ini, dan kami memiliki produk yang disebut Lasso yang merupakan aplikasi mandiri,” kata CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Peluncuran ini juga datang sebagai tekanan politik terhadap TikTok di Amerika. Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows mengatakan bahwa pemerintah sedang mempertimbangkan untuk mengambil langkah dan tindakan terhadap TikTok, setelah Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengajukan larangan potensial karena masalah keamanan.

TechCrunch melaporkan bahwa fitur ini akan ada di dalam opsi Explore, tetapi NBC News mengatakan bahwa Instagram akan menambahkan tab baru dibagian bawah layar sehingga pengguna dapat melihatnya. Tab ini dikhususkan untuk membuat video musik seperti TikTok.(na/hh)