Instagram Rilis Fitur Pinned Comment

logo huawei

Instagram secara resmi merilis fitur pinned comment atau fitur komentar yang disematkan, dan fitur ini sudah diuji sejak bulan Mei lalu. Instagram yakin bahwa fitur ini akan memberikan dampak positif.

Dilansir dari situs web The Verge, fitur tersebut memungkinkan penggunanya untuk menyematkan tiga komentar pada suatu postingan ke posisi teratas di laman komentar unggahan mereka. Tak hanya itu, fitur ini juga memungkinkan pengguna Instagram dapat mengontrol atau memoderasi dari laman komentar mereka dengan menyoroti komentar positif maupun respon negatif atau kasar yang muncul di bawah komentar yang disematkan.

Pengujian pertamanya bertepatan dengan diluncurkannya sebuah tool untuk menghapus komentar secara massif dan sudah tersedia selama dua bulan. Pengguna dapat menyematkan komentar dengan swipe ke kiri untuk memunculkan opsi laporakan, hapus dan balas. Sekarang pengguna dapat melihat icon ‘pushpin’ di ujung kiri.

Instagram telah menghabiskan beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan dan memperbaiki alatnya untuk melawan bullying, tindak kasar, dan misinformasi. Upaya ini telah meningkat pesat di bawah CEO Adam Mosseri.

Saat ini Instagram menggunakan kecerdasan buatan yang secara otomatis memblokir komentar yang ofensif serta menggunakan alat berbasis kecerdasan buatan untuk memperingatkan pengguna sebelum memposting caption atau teks yang berpotensi ofensif atau berbahaya.

Pinned comments ini meskipun mungkin tidak efektif seperti beberapa tambahan yang sudah dirilis sebelumnya dan yang lebih dibutuhkan oleh platform, tapi fitur ini tetap akan membantu para creator, selebritas, dan bisnis-bisnis di Instagram untuk lebih baik dalam mengelola profil mereka.

Sementara it, Instagram juga telah meluncurkan fitur seperti TikTok yang disebut Reels in India. Instagram memutuskan untuk menghadirkan layanan tersebut setelah baru-baru ini India memblokir applikasi TikTok.

Fitur Instagram Reels memungkinkan pengguna untuk merekam video pendek dengan menggunakan musik dan klip audio. Untuk video yang dibuat dapat berdurasi sekitar 15 detik dan dapat dibagikan sebagai Instagram Story. Selain di India, fitur ini juga sudah tersedia untuk pengguna di Perancis dan Jerman serta saat ini dalam prosesiuji coba di Brasil.(na/hh)