Internet 5G, Siapkah Kita Menyambutnya?

logo huawei

Meskipun teknologi 4G baru saja masuk ke Indonesia tahun lalu, tapi jika di dunia, masyarakat mulai membicarakan keberadaan internet 5G. Layanan internet 5G bertujuan untuk memberikan internet kepada masyarakat dengan kecepatan 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan jaringan internet nirkabel yang ada sekarang ini.

“5G itu bukan cuma soal kecepatan saja,” tegas EVP sekaligus CTO Qualcomm, Matt Grob, ketika berbicara dalam sesi keynote 5G di ajang Mobile World Congress (MWC) 2016, Barcelona, Spanyol, minggu lalu.

Menurut dia, teknologi seluler generasi ke-5 tersebut nantinya memang akan menghadirkan kecepatan transfer data yang jauh lebih kencang dari jaringan 4G yang ada saat ini, mencapai puluhan gigabit per detik. Tapi lebih dari itu, 5G juga akan membuka aneka kemungkinan lain terkait pemanfaatan jaringan seluler di industri telekomunikasi.

“Tiga pilar Qualcomm terkait pemanfaatan jaringan 5G ini adalah enhanced mobile broadband, mission critical services, dan massive internet of things,” kata Grob seperti dilansir dari KompasTekno.

Dari sisi konsumen, lanjutnya, kecepatan broadband 5G akan menghadirkan era virtual reality dan augmented reality, di mana pengguna bisa langsung merasakan pengalaman memasuki dunia virtual langsung dari handset tanpa perlu terhubung ke jaringan internet kabel.

Soal IoT, jaringan 5G akan membantu perwujudan konsep smart city dan smart home dengan coverage yang lebih merata dan kecepatan transfer data tinggi. Mobil-mobil otomatis bakal terhubung dengan pusat data dan aneka sensor yang tersebar di segala penjuru kota.

Lalu, keamanan tinggi dipadu dengan latency yang rendah dari jaringan 5G disebut Grob akan memungkinkan aneka skenario lain terkait mission critical services atau layanan yang membutuhkan reliability tinggi seperti mobil otomatis tadi.

“Ini tak hanya berlaku untuk industri saja, namun bisa juga di bidang medis seperti konsultasi antara dokter dan pasien, hingga balapan drone dan real time control. Kita akan punya itu semua,” katanya.

 

Hal yang Bisa Dilakukan dengan Internet 5G

Meskipun mulai banyak pembicaraan tentang internet 5G, tetapi seperti dilansir dari CNET, teknologi ini baru akan muncul di tahun 2018. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan internet 5G ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Virtual Reality
Dengan layanan 5G, melakukan streaming konten VR (Virtual Reality) saat bermain game VR sudah bukan sekedar wacana lagi. Dalam ajang MWC 2016 minggu lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan, dia berharap bahwa VR akan menjadi salah satu aplikasi unggulan internet 5G. Karena data akan dapat ditransfer dengan begitu cepat, pengguna tidak perlu menunggu saat konten VR diunduh ke headset VR.

2. Mobil Self-Driving
Jaringan 5G juga dapat mentransfer data dengan cukup cepat untuk mengendalikan mobil tanpa sopir. Mobil akan dapat berkomunikasi dengan pusat pengendali atau dengan satu sama lain melalui jaringan ini.
“Bayangkan, tidak akan ada lampu lalu lintas di jalan, mobil-mobil menyebrang berlalu-lalang, tapi mereka tidak menabrak satu sama lain,” kata Volker Held, Head of Innovation Marketing di Nokia.
Menurut Marc Naddell, Vice President MediaTek, jika mobil dilengkapi dengan sensor dan kamera, ia juga akan dapat merekam video secara terus menerus. Saat terjadi sebuah kecelakaan, akan terlihat video rekaman dari berbagai sudut, tidak hanya dari mobil yang terlibat kecelakaan, tapi juga semua mobil yang ada di tempat kejadian.

3. Pemantau Kesehatan
Telemedis adalah penggunaan teknologi telekomunikasi untuk melakukan pelayanan kesehatan dari jarak jauh. Dengan adanya jaringan 5G, telemedis menjadi sesuatu yang mungkin untuk dilakukan. Matt Grobb, CTO Qualcomm mengatakan, lag pada jaringan 5G sangat sebentar, sehingga dokter dapat melakukan sebuah prosedur medis dari jarak jauh.
Waktu lag pada jaringan 5G begitu singkat sehingga para dokter dapat menggunakan jaringan ini untuk mengendalikan robot untuk melakukan operasi pada pasien yang berada jauh dari mereka. Dengan begitu, orang-orang yang hidup di daerah terpencil akan dapat mendapatkan akses ke dokter spesialis.

Operator telekomunikasi dapat mengatur jaringan 5G sedemikian rupa sehingga prosedur medis akan diprioritaskan dari hal lain, seperti sekedar menonton video YouTube misalnya.

4. Video Konferensi
Woojune Kim, Head of Samsung Next-Generation Network Business, percaya bahwa visual adalah bagian yang menjadi semakin penting dalam cara kita berkomunikasi. Dapat dibayangkan ketika keluarga atau teman dapat dihubungi melalui video dengan resolusi yang sangat tinggi sehingga seolah-olah kita sedang berada bersama mereka.

5. Internet yang sangat cepat
Dengan koneksi 5G, hasil pencarian yang dilakukan akan muncul tanpa ada jeda waktu. Jika dengan koneksi 4G Anda dapat mengunduh sebuah film dalam waktu 6 menit, dengan 5G, hanya memerlukan waktu 15 detik. [MFHP]