Jutaan Password Instagram Terekspose, Ganti Password Sekarang!

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Para pengguna Instagram telah mendapatkan peringatan mengenai adanya peretasan yang mencuri password pengguna. Banyak masalah kerawanan password telah diungkap. Kali ini melibatkan Instagram, oleh karena itu setiap pengguna Instagram harus segera mengubah password mereka.

Seperti dilansir dari Forbes, bulan lalu, Facebook mengakui bahwa ada beberapa password pengguna yang sedang disimpan dalam teks biasa. Tetapi kemudian menyatakan bahwa itu ternyata termasuk puluhan ribu pengguna Instagram.

Di dalam pernyataan aslinya yang diposting kemarin, Facebook telah mengkonfirmasi bahwa pencurian password pengguna Instagram telah melebihi perkiraan mereka.

“Kami sekarang memperkirakan bahwa masalah ini berdampak pada jutaan pengguna Instagram,” menurut Pedro Canahuati, Wakil Presiden Teknik, Keamanan dan Privasi Facebook.

“Penyelidikan kami telah menentukan bahwa kata sandi yang disimpan ini tidak disalahgunakan secara internal atau diakses dengan tidak benar,” imbuhnya.

Faktanya tidak memerlukan waktu satu bulan untuk menemukan dan mengungkapkan bahwa jutaan password pengguna Instagram telah terekspos. Hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan.

Sejauh ini tidak ada indikasi berapa lama password yang tidak terenkripsi telah disimpan dalam bentuk teks, atau berapa banyak karyawan yang memiliki akses ke file password tersebut. Untuk alasan ini saja, disarankan agar setiap pengguna Instagram tidak menunggu untuk pemberitahuan resmi yang memberi tahu bahwa password mereka adalah salah satu yang terkspose.

Ada dua hal yang harus dilakukan oleh pengguna Instagram saat ini:

  1. Ganti password Instagram sesegera mungkin. Untuk melakukannya, buka profil Instagram dan klik icon garis sejajar tiga di kanan atas layar. Pilih Pengaturan> Privasi dan Keamanan>Password. Masukkan kata sandi yang telah digunakan, kemudian masukkan kata sandi yang baru. Pastikan kata sandi baru dibuat acak dan rumit, termasuk huruf besar dan kecil, angka, dan karakter khusus. Dengan menggunakan perangkat lunak pengelola kata sandi membuat menghasilkan, menyimpan, dan menggunakan kata sandi semacam itu menjadi mudah dan aman.
  2. Aktifkan otentikasi dua faktor untuk akun Instagram. Ini merupakan cara paling baik untuk dilakukan dengan menggunakan kode dari aplikasi seperti Google Authenticator. Buka profil dan pada klik icon garis sejajar tiga, pilih opsi pengaturan Privasi dan Keamanan, pilih Otentikasi Dua Faktor. Klik pada opsi Memulai dan ikuti instruksi pada layar.(hh)