Lanjar, Bantu UKM Dapatkan Pesanan Wholesale

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Ternyata UKM tidak sepenuhnya diuntungkan dengan tren e-commerce. Tren yang malah membuat UKM kecil semakin tergerus dengan pertarungan para pemain besar, yang tidak lagi fokus menghidupkan iklim bisnis dan perdagangan, melainkan mengutamakan peningkatan traffic dan valuasi platform yang mereka miliki. Beberapa nama besar seperti Tokopedia, Bukalapak, OLX, Lazada, dst., tidak dapat dipungkiri sedang menggeluti peperangan tersebut satu-sama lain. Yang sebenarnya tidak sejalan dengan mimpi UKM dahulu, saat era e-commerce digaungkan menjadi solusi dalam kesulitan UKM menemukan pembeli produk-produknya.

Lanjar Sadar, Nature Bisnis UKM adalah Wholesale

Kehadiran Lanjar di tengah maraknya platform marketplace tidak akan berarti apa-apa bila tidak memiliki keunggulan kompetitif bagi pelaku bisnis online dalam meningkatkan skala bisnis dan jangkauan pasarnya. Hal ini dikarenakan banyak UKM yang sudah menyerah dalam mempromosikan melalui platform seperti google adwords, yang tentunya semakin mahal dan semakin meminggirkan non pengiklan yang hanya menggunakan metode search engine optimization berbasis keyword. Selain itu, kebanyakan platform tidak mengakomodir nature bisnis UKM yang sebenarnya bukan di bisnis retail, melainkan wholesale (grosir).

Dalam kunjungannya ke Kantor MASTEL hari ini(11/1), Bapak Agus Maksum dan Saudara Yoga dari lanjar.com menjelaskan kepada jajaran pengurus MASTEL terkait nature bisnis wholesale UKM yang mereka adopsi ke dalam platform online tersebut. Sebagai platform jual beli yang mengedepankan wholesale, hal-hal yang menjadi lingkup pekerjaan lanjar yaitu:

1.Mempersiapkan visualisasi dan deskripsi produk milik UKM

2.Menyediakan pilihan kustomisasi produk untuk barang-barang pesanan khusus kepada calon pembeli

3.Mempromosikan konten lanjar.com melalui platform-platform yang dapat menunjang popularitas produk di dalamnya

4.Mengembangkan affiliation channel ke penjual di dalam dan luar negeri

5.Menjadi tempat penampungan pembayaran dari pembeli, yang akan dicairkan kepada UKM yang bersangkutan setelah pembeli menyatakan telah menerima barang dalam kondisi baik

Dengan lingkup pekerjaan yang disebutkan di atas, lanjar optimis UKM akan terbantu dalam meningkatkan standar kualitas visualisasi produk dan skala penjualan. Proyeksi ini tidak semata-mata dilakukan tanpa riset dan observasi, tetapi merupakan hasil berguru dari business model pemain lama di industri marketplace diantaranya amazon, alibaba, dan platform marketplace penyedia afiliasi lain yang sudah mendunia.

Di akhir presentasi tim lanjar.com, Ketua Umum MASTEL Bapak Kristiono menyampaikan apresiasinya atas pengembangan platform marketplace yang dimaksud oleh Bapak Agus Maksum dan tim. MASTEL sebagai lembaga peran serta masyarakat di bidang ICT, akan mendorong pemerintah dan instansi terkait untuk mendukung keberadaan lanjar.com sebagai etalase dari produk-produk kreatif unggulan UKM, yang terus dipersiapkan untuk dipasarkan ke market lokal dan terafiliasi dengan pedagang-pedagang dari luar negeri. Senada dengan Bapak Kristiono, Bapak Agus Maksum juga berharap pemerintah dapat mendukung lanjar.com karena ia yakin platform ini akan lebih optimal jika mendapat dukungan dari banyak pihak.[AR]