Mau Buat “Wearable Computer” Komputer Sendiri? Ini Caranya

logo huawei

Sejak muncul pendahulunya di era 90an dan 2000an, banyak yang ingin mencoba membuat “Wearable Computer”. Dalam membuat “Wearable Computer” ada dua persyaratan penting, harus berfungsi sebagai komputer dan dapat dipakai tentunya.

Sebenarnya ponsel pintar sudah bisa dibilang sebagai komputer, banyak orang telah menggunakannya saat ini. Tapi, ponsel pintar bukanlah perangkat yang dapat dipakai atau wearable.

Kemudian ada Google Glass yang bisa dibilang sangat bermanfaat, ada bagian komputer didalamnya. Namun, tampilan antarmukanya tidak seperti sebuah komputer.

Untuk membuat “Wearable Computer” komputer pertama kita memerlukan perangkat yang dapat berfungsi sebagai layar. Kita dapat menggunakan Vufine Display, sebuah layar mini yang dapat dipasang di kepala dan dihubungkan ke perangkat apa saja melalui koneksi HDMI.

Memang tidak sebagus layar yang digunakan pada Google Glass yang tampil melayang di depan mata kita, tanpa menutupi mata kita. Tapi Vufine Display fungsinya cukup bagus dan harganya lebih terjangkau yaitu sekitar 180 dolar Amerika. Untuk model terbarunya sekitar 200 dolar Amerika.

Untuk CPU-nya kita bisa menggunakan Raspberry Pi Zero W yang sudah dilengkapi dengan koneksi Bluetooth dan Wi-Fi, dan harganya hanya 10 dolar Amerika.

Untuk dukungan daya, bisa menggunakan baterai berkapasitas 13000mAh untuk Raspberry Pi dan Vufine Display.

Cara merangkainya cukup mudah, koneksikan Vufine melalui HMDI ke Raspberry Pi Zero W. Kemudian hubungkan mouse ke Raspberry Pi Zero W. Selanjutnya nyalakan Raspberry Pi Zero W dengan menghubungkannya ke baterai. Untuk sistem operasi dapat menggunakan Linux Distro yang ringan dan cepat kinerjanya.

Sementar untuk penyetelan perangkat lunaknya juga cukup mudah. Setelah Raspberry Pi Zero W dinyalakan, ia akan menjalankan sistem operasi default yang terpasang. Kemudian hubungkan keyboard Bluetooth. Jalankan terminal, buka aplikasi editor dan kita akan dapat mulai mengetik.

DIY gadgets: wearable computer

How to build your own wearable computer.

Dikirim oleh Circuit Breaker pada 27 Juli 2017

Secara keseluruhan biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah jika dibandingkan “Wearable Computer” alternatif yang ada.(hh)

Sumber: The Verge