Microsoft Bekerja Sama dengan Nvidia, AMD, dan Intel untuk Meningkatkan Dukungan Peningkatan Dalam Game PC

Microsoft telah menguraikan Windows API baru yang dirancang untuk menawarkan cara yang mulus bagi pengembang game untuk mengintegrasikan fitur peningkatan AI resolusi super dari Nvidia, AMD, dan Intel. Dalam postingan blog devblogs.microsoft.com, manajer program Joshua Tucker menggambarkan DirectSR API baru dari Microsoft sebagai “mata rantai yang hilang” antara game dan teknologi resolusi super, dan mengatakan bahwa hal itu akan memberikan “pengalaman yang lebih lancar dan efisien yang dapat diterapkan di seluruh perangkat keras.”

“API ini memungkinkan SR multi-vendor [resolusi super] melalui serangkaian input dan output yang sama, memungkinkan jalur kode tunggal untuk mengaktifkan berbagai solusi termasuk Nvidia DLSS Super Resolusi, AMD FidelityFX Super Resolusi, dan Intel XeSS,” tulisan postingan tersebut . Tampaknya pengembang akan dapat mendukung DirectSR API ini, daripada harus menulis kode untuk setiap teknologi peningkatan.

Menurut theverge.com, postingan blog tersebut muncul beberapa minggu setelah fitur Resolusi Super Otomatis terlihat di versi uji Windows 11, yang berjanji untuk menggunakan AI untuk membuat game yang didukung bermain lebih lancar dengan detail yang ditingkatkan. Sekarang, tampaknya fitur tersebut akan dihubungkan ke teknologi resolusi super yang sudah ada seperti DLSS, FSR, dan XeSS daripada menawarkan alternatif setingkat Windows.

Microsoft mengatakan bahwa API baru akan segera tersedia melalui versi pratinjau Agility SDK-nya. Mereka berencana untuk menawarkan “intip” bagaimana DirectSR dapat digunakan selama sesi pengembang di Game Developers Conference (GDC) yang akan datang. Sesi ini akan berlangsung pada tanggal 21 Maret, dan akan melibatkan perwakilan dari Microsoft serta Nvidia dan AMD.