Microsoft Segera Rilis Versi Lisensi Permanen Terbaru Untuk Office Tahun Depan

logo huawei

Rabu, September 23, 2020, Beberapa orang berspekulasi tiga tahun lalu bahwa Office 19 adalah versi terakhir dengan lisensi permanen dari lini produknya, dengan promosi besar-besaran mendorong pengguna Microsoft untuk beralih ke Office 365 (yang sekarang disebut dengan Microsoft 365), produk dengan lisensi berbasis langganan. Namun, tampaknya semua akan berubah, rumor akan hal ini telah dipecah, dan dalam halaman resminya, Microsoft mengatakan bahwa versi baru dari lisensi Office permanen untuk Windows dan Mac kemungkinan akan hadir pada tahun 2021 mendatang.

Meskipun kabar ini masih baru dan belum mendetail, namun perkiraan dari nama versi baru Office ini adalah Microsoft Office 2022, karena seperti biasa versi Office dengan lisensi permanent akan memiliki rentan waktu tiga tahun dari versi sebelumnya.

Dilansir dari situs web neowin.net, Microsoft mengatakan bahwa versi terbaru ini akan tersedia untuk Windows dan Mac, tetapi mereka tidak mengatakan nama produknya. Berdasarkan apa yang kami lihat, produk tersebut kemungkinan akan dinamakan Office 2022.

Microsoft sedang menyiapkan versi baru Office untuk Windows dan Mac, serta untuk Exchange Server, SharePoint Server, dan Skype for Business untuk dirilis pada paruh kedua tahun 2021. Kata pejabat Microsoft di Ignite 2020 mengumumkan bahwa mereka akan membagikan detail seputar nama, harga, dan ketersediaan tepatnya nanti. Seperti yang dicatat oleh pakar Office 365 Tony Redmond, alih-alih model lisensi berbasis CAL (Client Access License) saat ini, seperti lisensi Office 365, pelanggan akan membayar biaya bulanan untuk terus menggunakan Exchange di lokasi (atau SharePoint atau Skype for Business) untuk versi 2021.

Microsoft juga menjelaskan versi produk server mereka berikutnya, seperti Exchange Server. Perusahaan tersebut menyarankan pengguna Exchange Server 2013 dan 2016 agar merencanakan upgrade ke Exchange Server 2019 Microsoft menjanjikan upgrade lebih besar dari terakhir yang akan mereka gunakan. Versi selanjutnya akan mendukung in-place upgrade dari Exchange Server 2019 untuk setidaknya 2 tahun.(kl/hh)