“MOUSE KOMPUTER” Pertama di Dunia

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Kita semua tentu sudah mengetahui bahwa mouse sangat penting ketika mengoperasikan PC atau komputer. Oleh karena itu, kita semua menggunakan mouse pada PC hanya untuk mengoperasikannya, dan tanpa mouse, kita tidak akan kesulitan mengoperasikan sistem dengan lancar dan efisien. Namun, bagaimana jika komputer diintegrasikan kedalam sebuah mouse?

Seperti dilansir dari digitaltrends.com, baru-baru ini, seorang ahli perangkat keras telah berhasil mengembangkan prototipe PC atau komputer yang sepenuhnya terintegrasi di dalam mouse yang juga memiliki sebuah layar.

Namun, jika kita berbicara tentang kinerja Mouse Komputer ini maka dapat diklarifikasi bahwa Mouse Komputertidak memberikan kinerja tinggi seperti yang disediakan oleh PC normal, tetapi, sangat menarik untuk melihat bahwa bagaimana modularitas dan pencetakan 3D memungkinkan untuk membuat alat unik seperti ini.

Proses pembuatan mouse ini dihadirkan oleh saluran YouTube terkenal bernama “Electronic Grenade”, dan di dalam casing mouse yang dicetak melalui pencetakan 3D ini dilengkapi oleh prosesor Raspberry Pi Zero W.

Mouse Komputer ini memiliki layar OLED 1,5 inci yang ditenagai oleh baterai 500mAh. Selain itu, Mouse Komputer ini memiliki sensor dan tombol seperti mouse tradisional, tetapi juga menyediakan keyboard lengkap yang dapat disembunyikan dan terhubung melalui Bluetooth ke PC (Raspberry Pi Zero).

Tersedia juga modul transfer gambar nirkabel yang kompatibel dengan layar yang dilengkapi HDMI, VGA, dan DVI. Atau dapat menggunakan cara lama yaitu menghubungkan Mouse Komputer ke monitor atau TV melalui port HDMI.

Perangkat ini memiliki tempat penyimpanan internal sebesar flash. Sementara, fitur-fitur lainnya sejauh ini dipublikasikan adalah konektivitas Wi-Fi 802.11 b / g / n serta dua hub USB 3.0, akselerometer dan giroskop.

Walaupun fungsinya saat ini terbatas, komputer mikro ini dapat mengedit teks dan menjalankan Minecraft Pi Edition, edisi khusus untuk jenis sistem ini. Selain itu, komputer dapat memilih objek pada desktop perangkat lunak dan memungkinkan untuk memasukkan teks dari keyboard-nya.

Electric Grenade sendri merupakan bagian dari komunitas besar yang telah mengembangkan siste, untuk jenis sistem ini, di mana filosofi DIY (Do It Yourself=”Lakukan sendiri”) mendorong setiap implementasi hingga batasnya.(hh)