NASA Gunakan Kualitas 4K Untuk Siarang Langsung Dari Luar Angkasa

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Untuk pertama kalinya NASA bekerja sama dengan Amazon mengadakan siaran langsung dari stasiun ruang angkasa dengan kualitas 4K. Siaran langsung tersebut diadakan pada tanggal 26 April 2017 waktu setempat.

Dengan menggunakan kualitas video 4K siaran langsung tersebut terlihat sangat baik. Video dengan kualitas 4K tersebut memperlihatkan ketajaman gambar, sehingga tidak terasa kalau tayangan tersebut disiarkan langsung dari ruang angkasa. Malah terasa seoalah-olah kita sedang menyaksikan siaran dari TV kabel lokal.

Pada kesempatan itu Astronot Dr. Peggy Whitson dan Jack Fischer tampil pada siaran langsung tersebut. Mereka berdua tampil di depan para penonton yang berada di Bumi dengan menampilkan beberapa percobaan yang cukup unik. Walaupun hanya berlangsung beberapa menit, tetapi dengan tajamnya tampilan meninggalkan kesan yang tidak akan dilupakan oleh para penontonnya.

Selain melakukan beberapa percobaan, Dr. Whitson dan Fischer juga memberikan penjelasan mengenai manfaat penggunaan teknologi streaming dengan kualitas 4K di ruang angkasa.

Misalnya saja, mereka dapat menghadirkan siarang langsung untuk percobaan-percobaan yang dilakukan di ruang angkasa. Mereka juga dapat menggunakan kamera gerak lambat untuk merekam secara detail hasil percobaan yang mereka lakukan secara langsung kepada rekan-rekan peneliti di Bumi.

Selain itu, Fischer juga menambahkan bahwa video dengan kualitas 4K dapat digunakan juga untuk mengambil video secara langsung di luar stasiun ruang angkasa. Tentunya ini juga memiliki potensi manfaat yang cukup besar.

Dalam penjelasannya, Dr. Whitson menyampaikan bahwa dengan adanya gambar beresolusi tinggi dan kemampuan dalam menyiarkan secara langsung akan membantu eksplorasi ruang angkasa jauh lebih, termasuk penjelajahan ke Mars.

Nantinya kemampuan pencitraan yang canggih ini akan menjadi bagian yang penting sebagai salah satu masukan dalam proses pengambilan keputusan. Khususnya dalam penjelajahan ke Mars. Karena bagian terpenting dalam perencanaan adalah dengan melihat dan mempelajari tujuannya sebelumnya.

Saat ini Mars sendiri masih terasa jauh bagi sebuah ekspedisi ruang angkasa. Namun, untuk mendapatkan gambar-gambar dengan kualitas tinggi masih dalam jangkauan untuk mendapatkannya.

Bagi yang tidak sempat menyaksikan siaran langsung tersebut, dapat menyaksikannya rekamannya nanti pada link berikut ini https://live.awsevents.com/nasa4k. (hh)