Pemanfaatan 4G di Indonesia

logo huawei

Kebutuhan akan koneksi internet yang cepat memang sudah tidak bisa dilepaskan lagi dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Setiap tahunnya, pengguna internet di Indonesia terus saja bertambah diiringi dengan kemajuan teknologi yang disematkan pada smartphone. Sekarang, untuk mendapatkan informasi sudah sedemikian mudahnya hanya dengan menggunakan ponsel genggam. Tapi, harus didukung pula dengan kecepatan internet yang cepat.

Kemunculan teknologi 4G di Indonesia memang memberikan kemudahan dan kecepatan akses internet untuk masyarakat. Masyarakat dapat memanfaatkan teknologi ini untuk berbagai keperluan, seperti keperluan individu maupun keperluan bisnis. Tidak dapat dipungkiri, dengan menggunakan koneksi 4G ini, masyarakat dapat mengakses internet dengan cepat, melakukan video streaming tanpa buffering, bahkan sampai mengembangkan bisnis online. Tapi untuk saat ini, kecepatan internet yang ada belum sepenuhnya digunakan dengan baik oleh masyarakat. Kebanyakan pengguna internet hanya mengakses sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain.

Internet cepat dan stabil ini diharapkan akan menjadi pendorong bagi lahirnya berbagai inovasi yang akan menjadi solusi atas berbagai persoalan, terutama yang terkait dengan problem keterbatasan ruang dan waktu. Semua kalangan dapat ikut mengambil manfaat dengan hadirnya teknologi ini termasuk dalam upaya peningkatan kualitas hidup. Jaringan internet cepat ini harus dapat dimanfaatkan oleh para kalangan yang memiliki pemikiran kreatif sehingga kedepannya teknologi 4G ini tidak untuk segi konsumtif seperti mengakses sosial media, bermain game online, video streaming, dll. tapi untuk segi produktif juga seperti pembuatan konten untuk memudahkan semua kalangan dan pemanfaatan untuk segi kewirausahaan bagi masyarakat. [MFHP]