Pendiri Apple Luncurkan Universitas Online

logo huawei

Baru – baru ini pendiri perusahaan teknologi raksasa Apple Steve Wozniak elah membuat platform pendidikan berbasis internet. Platform pendidikan tersebut diberi nama Woz U dan ditujukan bagi orang – orang yang memiliki minat untuk melamar pekerjaan yang berhubungan dengan industri teknologi.

Seperti dilansir dari The Verge, Steve Wozniak yang sering dipanggil dengan Woz merupakan salah satu bagian dari sejarah terbentuknya Apple. Di pertengahan tahun 70-an ia bersama Steve Job membuat komputer Apple I dan Apple II. Setelah meninggalkan Apple, Woz masih aktif menghasilkan banyak inovasi – inovasi yang berhubungan dengan kemanusiaan.

Sekarang dengan adanya Woz U, ia ingin memberikan sebuah pendekatan baru bagi semua orang untuk sebuah platform pendidikan berbasis internet untuk siapa saja yang berminat bekerja di perusahaan teknologi. Pada prinsipnya semua layanan pendidikan akan dihadirkan secara online.

Karena platform pendidikan tersebut disediakan bagi para peminat yang ingin bekerja di perusahaan teknologi, maka kurikulumnya pun difokuskan pada pelatihan untuk spesialis IT dan pengembangan aplikasi atau programmer (.Net, JavaScript, Ruby, Java, and Python). Namun, tidak melupakan area – area lainnya seperti keamanan komputer, pengembangan aplikasi mobile dan Big Data.

Menurut Woz, tujuan dari platform pendidikan ini untuk menyediakan dasar – dasar pengetahuan bagi seseorang yang ingin memiliki keahlian di bidang komputer, seperti programming dan tidak ingin melakukan investasi besar pada proses pengajarannya.

Selain itu, Woz juga sempat menyampaikan keinginannya untuk mendirikan secara offline tempat untuk platform pendidikannya tersebut. Namun, ia mengatakan bahwa untuk sekarang akan hanya dalam bentuk aplikasi mobile yang dapat digunakan untuk melakukan tes bakat dan memilih orang yang sesuai dengan karirnya di bidang teknologi.

Program – program yang tersedia dalam platform pendidikan tersebut tidak gratis dan belum diketahui berapa persisnya biaya yang harus dikeluarkan. Namun, biaya pendidikan akan bervariasi, tergantung kurikulum yang diambil. Pastinya biaya yang harus dikeluarkan tidak akan semahal univeritas atau pendidikan online yang telah memiliki trafik yang banyak.

Sumber